Mengganti Ban Sambil Merokok, Dua Kios Ludes Terbakar, Satu Korban Mengalami Luka Bakar 

GRESIK,1minute.id – Kios tambal ban dan Kios penjual bunga di Jalan Raya Petiken, Desa Petiken, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik diamuk si jago merah pada Sabtu, 17 Desember 2022. Kebakaran yang diduga akibat percikan api puntung rokok itu mengakibatkan istri pemilik kios tambal ban mengalami luka bakar. 

Beruntung, petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan (Damkarmat) Gresik di posko Driyorejo cepat tiba di lokasi kejadian sehingga lidah api tidak menjilat kios lainnya. Informasi yang dihimpun menyebutkan sekitar pukul 10.08 WIB, ada seorang pengendara motor mendatangi kios tambal ban milik Pak To. Pengendara itu datang untuk ganti ban motor yang sudah usang. 

Petugas tambal ban lalu mengganti ban motor milik konsumennya itu. Petugas mengganti ban motor sambil ngudut alias merokok. Padahal kios tambal itu juga menjual eceran bahan bakar motor (BBM) jenis Pertamax dan Pertalite. Diduga ada sisa BBM yang tercecer sehingga menimbulkan bara api. Blubbb! Api membesar kemudian menyambar istri tambal ban yang belum diketahui identitasnya itu.

Pemilik Kios tambal ban panik. Api semakin membesar dan membakar kios penjual kembang nyekar milik Ny. Juana yang ada di samping kios tambal ban itu. Sejumlah pengendara yang melihat kejadian itu melaporkan ke Petugas Damkarmat Gresik. Sebanyak delapan anggota Damkarmat dengan satu unit mobil damkar dan satu unit mobil suplai air dibawa komando perwira piket, Eka Prapangasta W.D., meluncur ke tempat kejadian kebakaran (TKK). 

Selain dari Damkar Gresik, juga melibatkan Petugas Damkar dari Lakarsantri, Surabaya akhirnya bisa mengusai amuk si jago merah. Kepala Dinas Damkar Gresik Agustin Halomoan Sinaga menyatakan, dugaan awal kebakaran kios tambal ban juga menjual BBM eceran akibat human error. “Keterangan saksi di TKK menyebut tukang tambal ban sambil merokok ketika melakukan pergantian ban,” terang Sinaga.  

Kebakaran yang mengakibatkan satu orang mengalami luka bakar itu, kejadian kali kedua di Desember 2022. “Kami ingatkan untuk semua warga untuk terus berhati-hati,” ujarnya. Tentang korban luka bakar, Sinaga yang mantan Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Gresik, ini menyebut telah dilakukn ke rumah sakit. “Korban dibawa ke Puskesmas Driyorejo,” katanya.  (yad)