Rampungkan Kuliah 3,5 Tahun, Anak Wartawan Raih IPK 3,75 

SURABAYA,1minute.id – Ahmad Ziauddin Sardar menyandang gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom). Iak, begitu biasa dipanggil, menyelesaikan studi sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) selama 3,5 tahun. Anak pasangan Moh. Fail dan Zahrul Basatin yang asal Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik itu mendapatkan IPK 3,75.

Apa resep Iak bisa merampungkan kuliah di Fakultas Dakwah Prodi Ilmu Komunikasi UINSA lebih cepat ? Gemar menulis. Iak mengaku awalnya memiliki hobi traveling dan naik gunung. Namun, hobi sejak remaja itu mulai dikurangi ketika masuk perguruan tinggi.  Iak kemudian menekuni hobi barunya, yakni menulis artikel atau berita. 

Hobi baru itu Iak dapatkan dari orang tuanya, Moh Fail, wartawan senior di Jawa Pos Grup. Bagai pepatah “Buah jatuh tak jauh dari pohon”. Iak kemudian menyalurkan hobinya itu di Dakwah TV.

“Bapak saya selalu mengajarkan rukun iman jurnalistik 5W+1H. Skeptis pada semua informasi dan harus diuji kebenarannya,” katanya pada Minggu, 19 Februari 2023. Kebiasaan menulis itu, membuat Iak senang membaca untuk memperkaya referensi tulisan. Iak pun juga lebih fokus kuliah. Sebab, Iak tidak ingin mengecewakan orang tuanya. “Saya sejak awal masuk sudah di wanti-wanti untuk fokus kuliah dan cepat selesai,” katanya. 

Iak menjawab keinginan orang tuanya itu dengan menyelesaikan studinya selama 3,5 tahun. Iak bersama 700 wisudawan lainnya di wisuda di Sport Center dan Multi Purpose KH. Saifuddin Zuhri UINSA Surabaya pada Minggu, 19 Februari 2023. Prosesi wisuda dipimpin langsung oleh Rektor UINSA Prof. Akhmad Muzakki, Grad. Dalam sambutannya Muzakki berpesan kepada semua lulusan UINSA supaya bisa mengambil peran positif dalam mengamalkan ilmu yang sudah diraih dari kampus. 

Dia mengaku kepingin kerja sesuai dengan disiplin ilmu dan berhubungan dengan komunikasi. “Pinginnya bisa kerja yang sesuai dengan disiplin komunikasi, wartawan atau humas perusahaan,” katanya. (yad)