Jumat Curhat, Kapolres Gresik Diwaduli Jemaah Masjid Maraknya Tawuran dan Balapan Liar 

GRESIK,1minute.id – Jumat Curhat bergulir ke Masjid Karomah Jalan Sindujoyo, Kelurahan Lumpur, Kecamatan/Kabupaten Gresik. Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom yang memimpin langsung bertemu dan bersilaturami dengan puluhan warga Lumpur dan Karangturi badal salat Jumat itu. 

Kapolres Aditya didampingi sejumlah pejabat utama (PJU) Polres Gresik lainnya. Diantaranya, Waka Polres Gresik Kompol Erika Purwana Putra, Kabag Ops Polres Gresik Kompol Andria Diana Putra. Dalam kegiatan penyerapan aspirasi masyarakat untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif di wilayah hukum Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. 

Sejumlah warga pun wadul berbagai persoalan antara lain maraknya balapan liar dan tawuran selama bulan suci, Ramadan. Balapan liar tidak hanya di Jalan R.A.Kartini, Gresik. “Balapan liar juga di kawasan Karangturi, Gresik,” ujar Usmi, salah satu jemaah Jumat Curhat pada Jumat, 31 Maret 2023. Anton, salah satu warga menyampaikan harapan adanya patroli ke wilayah Lumpur,  Sidujoyo lebih sering dilakukan, mengingat sering adanya tawuran.

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom terlihat serius mendengar curhatan warga Lumpur tersebut. Usai mencatat keluhan warga pesisir itu, alumnus Akpol 2002 itu menjawabnya satu per satu.

Terkait maraknya balapan liar dan tawuran, mantan Kapolres Ponorogo itu, mengatakan akan meningkatkan patroli. Selama ini, patroli dilakukan pada jam-jam rawan. “Mohon dukungan mulai dari keluarga terutama yang mempunyai anak remaja untuk sama-sama mengawasi untuk mengantisipasi tawuran,” pesan Kapolres Gresik. “Dengan mengajak keluarga, kita ajak melakukan kegiatan yang positif, ke masjid maupun kegiatan ibadah lainnya,” lanjutnya.

Pada kesempatan perwira dua melati di pundak itu mengingatkan kepada warga setempat untuk tidak menggunakan tempat ibadah, masjid atau musala untuk kegiatan politik.

Mari kita menjaga lingkungan bersama, polisi sudah melakukan patroli namun mohon dukungan dari para alim ulama dan tokoh masyarakat terutama orang tua bersama – sama menjaga,” ujar AKBP Adhitya.

Kabag Ops Polres Gresik Kompol Andria Diana Putra menjawab curhatan ustad Abul Wafa dengan membuat ploting anggota guna melakukan patroli di titik rawan tawuran maupun balap liar “Kita sudah sering menindak pelaku balap liar, tentunya mohon peran serta orang tua untuk mengontrol guna mencegah tawuran maupun balap liar,” kata Kompol Andria.

Pada kesempatan itu, Kapolres Adhitya memberikan bantuan Alquran dan kurma untuk digunakan di Masjid Kelurahan Kroman, dan Kelurahan Lumpur. (yad)