7 Hidangan Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh  

GRESIK,1minute.id –  Sejak seluruh dunia dilanda pandemi Covid19, kini banyak orang lebih memperhatikan kondisi kesehatan tubuh. Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan atau hidangan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Banyak sekali bahan makanan yang bisa Anda olah di rumah untuk menjadi hidangan yang lezat sekaligus juga menyehatkan.

Ini Dia 7 Hidangan untuk Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Orang banyak menghindari menu makanan sehat karena dianggap tidak lezat dan membosankan. Padahal banyak sekali rekomendasi resep makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus lezat disantap. Berikut ini rekomendasinya agar Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

1.    Sup Ayam Kampung

Sup ayam kampung merupakan hidangan yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Menu ini sangat cocok untuk orang yang sedang dalam masa pemulihan penyakit atau yang ingin menjaga agar kondisi tubuh selalu fit. Rasanya lezat, apalagi jika Anda menambahkan wortel, parika, brokoli, dan kentang dalam resepnya. Ayam kaya akan vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga menu ini sangat direkomendasikan.

2.    Sayur Bayam

Bayam mengandung vitamin C yang tinggi, antioksidan, dan beta karoten yang sangat dibutuhkan tubuh agar daya tahan tubuh meningkat. Kandungan bayam juga membuat tubuh Anda mampu melawan infeksi yang mungkin terjadi dalam tubuh. Anda bisa mengolah bayam menjadi menu berkuah seperti sayur bening bayam yang menyegarkan dengan tambahan jagung atau tumis bayam yang nikmat. Bayam harus dimasak dengan cara sederhana untuk mempertahankan kandungan nutrisinya.

3.    Makanan Prebiotik

Makanan prebiotik sangat mudah dijumpai di pasaran, seperti tempe, oncom, atau yogurt. Makanan asal Korea yang lagi tren di Indonesia yaitu kimci juga termasuk makanan prebiotik yang mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Makanan prebiotik akan membantu mengatur respons sel dalam sistem imun untuk melawan infeksi dalam tubuh Anda.

4.    Menu dari Kerang-kerangan

Makanan laut dari kerang tergolong makanan bergizi tinggi. Kerang mengandung seng yang memiliki peran penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga sel-sel imun.  Seng akan mengaktifkan sel darah putih untuk bertugas melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh Anda. Anda bisa mengolah kerang menjadi berbagai macam menu pilihan, seperti kerang saus padang yang lezat, tumis kerang bumbu nanas yang menyegarkan, atau oseng kerang tauco yang cocok untuk hidangan santap siang.

5.    Teh Jahe

Saat cuaca dingin dan curah hujan tinggi, teh jahe bisa menjadi alternatif minuman hangat untuk melengkapi hidangan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Jahe mengandung senyawa gingerol yang mampu menghangatkan tubuh. Kandungan lainnya adalah vitamin C yang mampu mengurangi nyeri kronis akibat peradangan.

6.    Kacang dan Biji-bijian

Sumber vitamin C, E, B6, magnesium, selenium, dan fosfat yang mampu menjaga daya tahan tubuh bisa Anda dapatkan dari jenis kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang almon dan biji bunga matahari. Anda bisa memakannya mentah atau dioven atau disangrai lebih dulu agar kandungan nutrisinya lebih terjaga. Jika dikonsumsi secara rutin, Anda bisa menghindari atau menurunkan risiko mengalami peradangan akibat infeksi virus.

7.    Sop Daging Sapi

Sop identik sebagai hidangan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Campuran wortel, kol, buncis, kentang akan semakin lezat disantap jika ditambah dengan daging sapi pilihan. Kuah dengan kaldu daging membuat rasa sop lebih gurih, nikmat, dan menyehatkan tubuh. Sangat cocok disantap di saat hari hujan atau cuaca dingin untuk menjaga kesehatan Anda.

Resep sop daging sapi yang mudah dan praktis dibuat sendiri di rumah bisa Anda dapatkan di Blibli. Anda juga bisa mendapatkan semua bahan-bahan pembuatnya serta bahan makanan bergizi lainnya di online mall terlengkap di Indonesia. Semua produk yang tersedia di Blibli terjamin kualitasnya hingga tiba di rumah Anda.

Dapatkan pula promo menarik agar belanja online semakin menyenangkan. Tersedia promo diskon, gratis ongkos kirim tanpa minimum pesanan, dan cashback yang membuat dana belanja jadi lebih hemat. Pastikan Anda memesan semua bahan di Blibli dan hidangkan menu sehat untuk keluarga di rumah sekarang juga! (yad)