Rumah Sakit Non Covid, Layanan Unggulan Trauma Center Resmi Beroperasi di Menganti

BUPATI Gresik Sambari Halim Radianto meresmikan RS Non Covid di Jalan Raya Menganti, Gresik, Kamis 1 Oktober 2020 ( foto : Humas Pemkab Gresik )

GRESIK, 1minute.id – Pandemi korona membuat masyarakat khawatir berobat di rumah sakit. Pasalnya, hampir semua rumah sakit melayani pasien terkonfirmasi coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Kini, di Kota Santri ada rumah sakit yang khusus melayani pasien non-covid. Rumah sakit namanya Eka Husada Gresik yang diresmikan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Kamis 1 Oktober 2020. Rumah sakit berada di Desa Sidojangkung, Kecamatan Menganti, Gresik. 

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto brrharap beroperasinya RS Eka Husada ini tidak ada lagi pasien non COVID yang ketakutan masuk rumah sakit. “Selama ini disinyalir banyak orang sakit yang takut mendatangi rumah sakit. Hal ini sangat berbahaya karena akan semakin meningkatkan jumlah orang yang penyakitnya semakin parah dan meninggal dunia,”ujar Bupati Sambari. 

Rumah Sakit Eka Husada ini, tambahnya, sebagai jawaban agar pasien tidak takut datang ke Rumah Sakit. Beroperasi rumah sakit ini, tambahnya,.menambah jumlah tempat tidur rumah sakit di Gresik menjadi 1.716 tempat tidur.

Untuk kasus Covid di Gresik sudah semakin membaik. Indikatornya jumlah pasien Covid yang ada di pondok rehabilitasi atau rumah sakit lapangan di Stadion Gelora Joko Samudro sudah sangat berkurang. “Okupansinya hanya 9 tempat tidur yang terisi dari 200 tempat tidur yang disiapkan saat ini,”jelas bupati berlatar pengusaha ini. 

Bupati Sambari menegaskan program kesehatan adalah yang paling utama. Dia berharap, semoga dengan diresmikannya terletak di Jalan Raya Menganti Gresik ini akan semakin meningkatkan pemerataan pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Gresik.   

Sementara itu, Dirut PT Rumah Sakit Eka Husada dr Indrawati MARS mengatakan Rumah Sakit Eka Husada adalah sebuah rumah sakit swasta kelas C dengan 101 tempat tidur. Rumah sakit ini, berfokus sebagai rumah sakit traumatologi dengan layanan unggulan trauma centre.

“Kami fokuskan disana karena lingkungan rumah sakit adalah jalur padat lalu lintas dengan volume kendaraan berat yang super sibuk. Lingkungan kami juga banyak industri berat,”katanya. (*)