Takut Kejlungup, Sejumlah Pemuda Desa Bringkang Tanam Pohon Pisang

GRESIK, 1minute.id – Kesabaran masyarakat Dusun Buyuk,  Desa Bringkang, Kecamatan Menganti sudah sulit diredam. Pasalnya, jalan desa rusak berat. 

Lubang dan licin ketika hujan mengancam keselamatan pengendara. Minggu, 22 November 2020 malam sejumlah pemuda dusun setempat menanam pohon pisang di badan jalan desa tersebut. Mereka juga memasang sejumlah poster. 

Isinya, diantaranya “Kami tidak takut corona. Kami takut ke jerungop (kejlungup, Red) Disini”. Kerusakan jalan yang diduga dipicu proyek pengerukan waduk telah mengakbatkan sejumlah warga setempat terjatuh. 

“Ini kami lakukan karena tidak ada tanggungjawab panitia pengerukan waduk membersihkan  tanah yang memenuhi sepanjang jalanan seusai mengeruk waduk,”ujar seorang warga. 

PERBAIKAN : Pemerintah Desa Bringkang, Kecamatan Menganti, Gresik memperbaiki sementara jalan berlubang dengan cara menguruk, Senin 23 November 2020 (foto : istimewa)

Mereka pun siap ngeluruk desa untuk mendesak pemerintah desa setempat untuk melakukan perbaikan.

Terpisah , Camat Menganti Sujarto mengatakan pemerintah berencana melakukan perbaikan jalan desa itu tahun depan. Jalan desa yang bakal diperbaiki itu sepanjang 100 meter dengan lebar 4 meter. 

“Untuk saat ini jalan lubang telah diuruk. Tanaman pisang sudah kami cabut,”kata Sujarto dikonfirmasi 1minute.id, Senin 23 November 2020. (*)