Perayaan Nataru Ditengah Pandemi Corona, Misa Natal secara Bergelombang dan Menindak Knalpot Brong


GRESIK,1minute.id – Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) segera tiba. Kepolisian Resor Gresik terus mematangkan rencana Operasi Lilin Semeru (OLS) 2020 untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat Gresik. 

Diantaranya, melakukan latihan Pra OLS di Aula Mapolres Gresik, Jumat 18 Desember 2020. Latihan itu dipimpin langsung Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto itu dihadiri pejabat utama, kepala kesatuan dan Kapolsek jajaran Polres Gresik. 

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto mengatakan latihan Pra Ops Lilin Semeru 2020 ini bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di tengah pandemi Covid -19.

Alumnus Akpol 2001 ini meminta seluruh anggota untuk melaksanakan dengan ikhlas. “Pelaksanaan latihan pra ops ini merupakan agenda tahunan dan tahapan dalam Ops Lilin Semeru, mari kita laksanakan dengan ikhlas dan jangan samakan dengan kegiatan rutin,”kata AKBP Arief Fitrianto didampingi Waka Polres Kompol Eko Iskandar.

Terkait Misa Natal di Gereja, mantan Kapolres Ponorogo itu, tidak melarang umat kristiani melaksanakan misa natal di gereja dan tempat ibadat.  Akan tetapi, perwira dua melati di pundak itu, tetap mengingatkan  masa pandemi corona belum berakhir sehingga misa natal dilakukan secara bergelombang dan mematuhi protokol kesehatan (prokes). Yakni, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir. 

“Perayaan Natal di Gereja dan tempat ibadat agar diatur secara bergelombang. Maksimal 25 persen dari kapasitas tempat ibadat,”kata AKBP Arief Fitrianto.

Sebelum pelaksanaan misa natal, tambahnya, pihaknya akan melakukan sterilisasi gereja. Sehingga umat kristiani yang akan melakukan misa natal merasakan aman dan nyaman. 

Sementara itu, perayaan tahun baru yang identik dengan konvoi kendaraan tidak standar,  diantaranya menggunakan knalpot brong polisi akan melakukan penindakan. (*)