Diduga Terpapar Corona, Bumil dibantu Keluarga Kabur, Digagalkan Satpam Rumah Sakit

GRESIK,1minute.id – Seorang pasien ruang bersalin RSUD Ibnu Sina Gresik melarikan diri dari rumah sakit, Kamis 28 Januari 2021.   Hasil tes usap perempuan 21 tahun itu diduga terpapar coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Hasil swab itu ditengarai sebagai penyebab pasien asal Kecamatan Bungah, Gresik memilih kabur dari ruang isolasi rumah sakit milik Pemkab Gresik itu. 
Beruntung, satpam rumah sakit berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Gresik itu sigap.

“Pasien sudah di IGD, sekarang sudah masuk ruang bersalin,”ujar Humas RSUD Ibnu Sina Gresik Hariyanto dikonfirmasi 1minute.id,  pada Kamis malam, 28 Januari 2021.

Informasi yang dihimpun, perempuan berusia 21 tahun asal Kecamatan Bungah, Gresik sedang hamil. Dia menjalani perawatan di ruang bersalin RSUD Ibnu Sina Gresik. Saat menjalani pemeriksaan, tenaga kesehatan (nakes) melakukan tes usap. Hasil swab test itu terindikasi terpapar corona. 

Ibu hamil itu pun menjalani isolasi. Orang tua pasien yang tidak disebutkan identitasnya pun waswas. Kamis sore, 28 Januari 2021, ayah pasien menjemput anaknya di rumah sakit berlokasi di Jalan DR. Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Gresik itu. 

Pulang paksa. Jarum infus menancap di tangan dicabut secara paksa. Darah mengucur. Bapak dan anak itu bergegas turun dan naik angkutan kota. Aksi nekat itu diketahui satpam rumah sakit dan mengejarnya. 

Baru beberapa meter, tepatnya di depan gerbang kantor Pemkab Gresik angkot dihentikan. Nakes memakai hazmat dan anggota Polsek Kebomas membujuk pasien dan keluarga untuk kembali ke rumah sakit. “Pasien dan keluarganya berhasil kembali ke IGD,”tegas Hariyanto. (*)