Proyek Underpass Dilanjutkan, Target 5 Bulan Kelar

GRESIK,1minute.id – Proyek pembangunan underpass di Jalan DR Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas berlanjut. Sejumlah pekerja terlihat melakukan aktivitas di dalam trowongan. Sedangkan, seorang operator alat berat melakukan perataan dinding sisi selatan yang longsor pada Senin, 24 Mei 2021

Dinding kapur itu longsor sejak Desember 2020. Akvitas pekerjaan proyek tahap ini menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah dengan pagu Rp 5 miliar.

Pekerjaan tahap dua ini diestimasikan kelar selama 5 bulan. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik Gunawan Setiadji dikonfirmasi melalui whatsApp sejak siang belum merespon. 

Namun, kesempatan sebelumnya Gunawan mengatakan tahap II ini meliputi pembangunan jalan penghubung di lahan milik Pemkab Gresik seluas kurang lebih 10 meter, pembangunan trotoar untuk pejalan kaki di sisi timur, dan pembuatan sayap dinding di kanan dan kiri underpass agar tanah tidak longsor.

Untuk lorong pejalan kaki akan disempurnakan dengan tempelan aksesoris. Juga akan buatkan taman di kanan kiri jalan agar makin cantik, dan nyaman. 

Untuk diketahui proyek  underpass  dikerjakan mulai tahun lalu, 2020. Tahap pertama pekerjaan konstruksi dengan anggaran sekitar Rp 4,23 miliar. Proyek dikerjakan CV Wijaya asal Lamongan.

Tahun ini, anggaran sekitar Rp 5 miliar. Dalam dua tahap proyek trowongan kali pertama itu dibiayai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Gresik sekitar Rp 9,1 miliar. (yad)