Pemkab Gresik Dorong UMKM Berani Ekspor, KBRI Jepang Komitmen Tingkatkan Nilai Ekspor Produk Indonesia 

GRESIK1minute.id – Atase Keuangan KBRI Tokyo, Jepang Sonny Surahman Ramly berkunjung ke pendapa rumah Dinas Bupati Gresik pada Sabtu, 2 Juli 2022. Dalam kunjungan ini, Sonny membawa rombongan pengusaha dari negeri Matahari Terbit itu.

Kedatangan Atase Keuangan KBRI Tokyo Jepang untuk menandatangani MoU ekspor produk UMKM ke Jepang. Yakni, Koperasi Kriya Giri Sejahtera asal Desa Domas, Kecamatan Menganti dengan buyer dari Jepang. Rombongan pengusaha dari Jepang itu diterima oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.  Bupati Fandi Akhmad Yani didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman, Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani dan Kepala Bea Cukai Gresik Bier Budi Kismulyanto. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menegaskan  Pemerintah Kabupaten Gresik berkomitmen untuk selalu mendorong UMKM khususnya bagi masyarakat Gresik. “Kolaborasi yang salah satunya dalam program Berani Ekspor, akan terus kita lakukan. Kita tidak pernah lelah dalam memberikan perhatian kita terhadap pelaku UMKM. Mudah-mudahan apa yang kita bangun menjadi sebuah ekosistem percepatan perbaikan ekonomi,”kata Fandi Akhmad Yani. 

Bupati Yani juga menjelaskan potensi yang dimiliki Kabupaten Gresik, dimana salah satunya adalah Kabupaten Gresik memiliki suatu kawasan ekonomi khusus yang terintegrasi dengan sebuah pelabuhan internasional dalam pengiriman logistik via laut yang bisa melakukan pengiriman antarnegara

Sementara itu. Besar RI untuk Jepang dan Federasi Micronesia Heri Akhmadi melalui Atase Keuangan KBRI Tokyo menyampaikan bahwa KBRI Tokyo berkomitmen untuk meningkatkan nilai ekspor produk Indonesia ke Jepang. Terutama produk UMKM. Mengingat sumber daya bahan baku dan pekerja UMKM adalah murni pembedayaan sumber daya dalam negeri, sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional. (yad)