Tugu Manyar Dipindahkan ke Median Jalan, Dampak Pelebaran Jalan Raya Manyar 

GRESIK,1minute.id – Pembongkaran kios di Jalan Raya Manyar berlanjut pada Senin, 7 November 2022. Sebanyak 35 kios diratakan tanah. Sepekan sebelumnya, sebanyak 22 kios yang di bongkar. Sehingga total 57 dari 157 kios yang rencananya akan dibongkar.

Pembongkaran ratusan lapak itu karena terdampak proyek pelebaran jalan Deandles di Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Gresik. Pekerjaan pelebaran jalan nasional rencananya dimulai awal Februari 2023. Pembongkaran lapak tahap kedua ini berjalan lancar. Pembongkaran dimulai pukul 07.00 WIB. 

Pembongkaran tahap kedua dimulai sebelah barat Tugu Manyar hingga dekat gerbang Yasmu Manyar. Tidak lebih 3 jam, puluhan lapak sudah rata dengan tanah. 

Camat Manyar Zainul Arifin mengatakan, proyek pelebaran Jalan Raya Manyar diestimasikan mulai digarap awal Februari 2023. “Pelebaran jalan dari dua lajur menjadi empat lajur,”kata Zainul Arifin pada Senin, 7 November 2022. Untuk tahap awal, pekerjaan akan dimulai dari exit Tol Manyar hingga Tekong, Leran. Proyek nasional itu dikerjakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali. Panjang total proyek jalan nasional 3,5 kilometer. “Tahap awal pekerjaan sepanjang 1,3 kilometer,”imbuh Zainul. 

Pelebaran jalan deandles ini juga akan berimbas keberadaan bangunan Tugu Manyar. Tugu ikonik itu nantinya akan dipindahkan. “Tugu Manyar itu nanti akan ditempatkan di median jalan,”terang Zainul. Bagaimana dengan sisa lapak yang belum dibongkar? Zainul menegaskan pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan aparat. 

Seperti diberitakan pelebaran jalan Raya Manyar panjangnya sekitar 3,5 kilometer. Pemkab memiliki ruang milik jalan (rumija) sepanjang 3,1 kilometer dari kebutuhan 3,5 kilometer. Sehingga dibutuhkan pembebasan lahan. Pelebaran di mulai exit Tol Manyar hingga Jembatan Manyar. Untuk tahap awal, pelebaran jalan Raya Manyar sepanjang 1 kilometer. Estimasi pekerjaannya membutuhkan waktu 7-8 bulan. Sisanya, 2,5 kilometer akan dilanjutkan tahun berikutnya. Anggaran sekitar Rp 15 miliar. Lebar jalan nantinya menjadi 22 meter dan 4 lajur. Median jalan lebarnya 3 meter. (yad)