Menggali Kreativitas Siswa, Spenda Gresik Gelar Pentas Karya dan Seni Religi

GRESIK,1minute.id – Pentas Kreasi dan Seni  digelar oleh UPT SMP Negeri 2 (Spenda)] Gresik . Selama dua hari, mulai Jumat, 4 November 2022. Ajang mengasah bakat dan menggali kreativitas peserta didik diawali di Poedak Galery di Jalan Pahlawan, Gresik. 

Di pusat kuliner dan tempat pamer produk UMKM ini, siswa menggelar karyanya berupa jajanan Gresik Kekinian sebagai pengembangan proyek profil pelajar Pancasila (P5). Event kali pertama diluar sekolah ini kerja bareng Guru Pendidikan Seni dengan Diskoperindag Gresik diikuti seluruh siswa kelas VII itu. Suasana Poedak Galery riuh mulai pagi sampai sore hari ini diberi label Panen Karya Pramuka Produktif Pangkalan Spenda. “Ini Cipta ide kewirausahaan abad 21 Makanan khas Gresik Kekinian,”kata Kepala UPT SMP Negeri 2 Gresik Muhammad Salim pada Sabtu, 5 November 2022. 

Sementara itu, Pentas Seni di halaman sekolah lebih heboh lagi. Sebab, ajang adu kreativitas siswa di bidang seni, salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tuggu oleh guru dan siswa. Di kegiatan itu siswa bisa menyalurkan kreativitas, menjadi salah satu penguatan pendidikan karakter, sebagai program pemerintah yang diimplementasikan dalam berbagai kegiatan di sekolah berlokasi di Jalan K.H.Kholil, Kelurahan Kebungson, Kecamatan/Kabupaten Gresik itu.

Kesenian yang mereka tampilkan juga beragam. Diantaranya, Pencak Silat Pagar Nusa , Karaoke, Yel-yel Adiwiyata, Kick off Suporter, Band Musik, Tari Danarkurung. Kemudian, Salawat, Kasidah Albanjari, hingga Barongsai.

PENTAS SENI : Pentas Seni dan Inaugurasi PLP mahasiswa di halaman UPT SMP Negeri 2 Gresik pada Sabtu, 5 November 2022 ( Foto: SMP Negeri 2 Gresik for 1minute.id)

“Semua karya seni itu, berdasarkan pilihan siswa masing-masing sesuai dengan kompetensi di bidang seni, dan didukung oleh minat dan bakat yang mereka miliki,”terang Salim. Dalam Pesta Seni dilanjutkan dengan 

penutupan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) mahasiswa dari dua perguruan tinggi yakni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Tampak hadir dalam 

pentas inaugurasi penutupan PLP ini adalah DR Yuni Arifadah dari UINSA dan DR Zainul Aminin dari UNESA. “Terima kasih kepada SMP Negeri 2 Gresik atas bimbingan yang diberikan kepada 24 mahasiswa PLP yang praktik,”kata Zainul. (yad)