20 Plat Besi Saluran Air Proyek Kawasan Heritage Belum Ditemukan, Kini 7 Plat Besi Saluran Kalitutup Digasak Pencuri

GRESIK,1minute.id – Alap-alap penutup saluran bergentanyangan. Setelah puluhan penutup saluran dari plat besi di kawasan Heritage Gresik tepatnya di Jalan K.H.Agus Salim, Desa Gapurosukolilo, Kecamatan/Kabupaten Gresik raib digasak pencuri. Kini, plat besi penutup saluran air di Kali Tutup di Jalan K.H.Hasyim Asy’ari, Kelurahan Kroman, Kecamatan/ Kabupaten Gresik yang hilang digasak pencuri. 

Bila di kawasan Heritage Gresik atau Bandar Grissee, lubang penutup saluran air yang hilang ditutupi batu paving. Nah, plat besi penutup saluran di Kalitutup yang hilang diberikan aneka barang oleh warga setempat. Di depan kampung Jalan Sindujoyo gang IX ada banner bertuliskan “Hati-hati Ada Pekerjaan Saluran Air” bagian lubang diberi lonjakan pipa PVC. Sedangkan, di tempat lain lubang saluran ditutupi dingklik alias kursi kayu. 

BOLONG DICURI : Plat besi penutup saluran air di Kalitutup Jalan KH Hasyim Asy’ari, Kelurahan Kroman, Kecamatan/Kabupaten Gresik digasak pencuri baru diketahui pada Selasa, 15 November 2022 (Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

“Di situ hilang. Tapi sudah diganti oleh petugas,”ujar Rokhimah, warga setempat. Informasi yang dihimpun wartawan  1minute.id  ada tujuh plat besi penutup saluran air di Kalitutup yang hilang. Plat besi memiliki berat 40 kilogram per biji. Harga plat besi berlogo Pemkab Gresik itu harga sekitar Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta per buah. “Itu harga plat sebelum pandemi Covid-19,”kata seorang petugas. 

“Kalau dijual kiloan harga sekitar Rp 300 ribuan,” imbuhnya. Pencuri plat besi penutup saluran air tentu sangat disayangkan. Sebab, kelakuan bejat pencuri itu bisa mengakibatkan warga atau pengendar motor celaka. Terperosok dalam lubang dan terjatuh. Bila anak-anak yang terperosok bisa kecebur saluran air di Kalitutup itu.

Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CK-PKP) Gresik Ida Lailatussa’diyah dikonfirmasi membenarkan ada 7 plat besi penutup saluran air yang hilang tersebut. “Iya, tapi sudah diganti,”katanya.

Ia mengatakan pihaknya sedang mencari formula untuk mengatasi adanya pencurian plat besi penutup saluran air yang hilang digasak pencuri itu. “Padahal yang di Kalitutup sudah di las,”ujarnya. (yad)