Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gresik Ajak Pengunjung Nostalgia melalui Pameran Arsip Foto

GRESIK,1minute.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik menggelar pameran Arsip Foto di Iconmall Gresik. Sebanyak 50 foto lawas yang dipamerkan selama dua hari, mulai Rabu sampai Kamis, 14 – 15 Desember 2022.

Pameran arsip foto kali pertama di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik seakan mengajak masyarakat bernostalgia di masa puluhan tahun silam itu. Sebab, arsip foto yang dipamerkan ada yang hasil jepretan 1996 sampai 1970-an. Ada full colour, banyak yang Black and White. 

Puluhan foto kenangan itu berasal dari sejumlah sekolah, komunitas dan dokumen milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik. Yakni, SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik ; SMA Muhammadiyah 1 Gresik ; SMA Semen Gresik- dulu bernama-SMA YWSG (Yayasan Warga Semen Gresik) ; SMP Negeri 4 Gresik dan SD Tratee Gresik. Serta, Yayasan Mataseger Gresik. 

Ratusan pengunjung yang datang secara mengalir itu selama dua hari itu seakan diajak mengenang jaman doeloe (jadoel). Ada arsip foto berupa model pakaian, rambut hingga bentuk sekolah zaman dulu. “Loh itu guru saya,” ujar Mariana, salah satu pengunjung pameran Arsip Foto itu pada Kamis, 15 Desember 2022. 

NOSTALGIA : Sekretaris Daerah Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gresik Budi Raharjo mengamati Pameran Arsip Foto yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gresik di Iconmall Gresik pada Kamis, 15 Desember 2022. (Foto : istimewah)
(Foto Atas) Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani ketika sekolah di SDNU 1 Trate Gresik pada Juni 1997 (Foto : Chusnul Cahyadi/1minute.id).

Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman mengapresiasi kegiatan pameran arsip foto yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gresik itu.  Sekda Washil berharap arsip foto terus dikembangkan dan berkelanjutan. “Bisa memanfaatkan GNI sebagai bagian kenangan. Tidak hanya arsip foto milik sekolah.  Juga, arsip foto milik masyarakat,” kata Sekda Washil saat menutup pameran Arsip Foto Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gresik pada Kamis, 15 Desember 2022.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gresik Budi Raharjo mengatakan, pameran arsip foto ini bertujuan menyusun memori kolektif terhadap perjalanan pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik yang relief Gresik sebagai bagian dari jalur rempah. ” (Gresik) sebagai Jalur rempah ini kami tidak memiliki arsip fotonya. Tapi, ceritanya ada. Kita mendokumentasikan cerita itu sebagai lembaga kearsipan daerah,” tegas Budi Raharjo.

Dalam pameran Arsip Foto ini, SD Nahdlatul Ulama 1 Trate Gresik memamerkan foto Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani ketika sekolah bersama teman-temannya memakai seragam sekolah rompi hijau dan celana pendek warna putih serta memakai kopiyah hitam. Foto tersebut dijepret pada Juni 1997. (yad)