Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Wisata Heritage, Bandar Grissee Bisa Menjadi Heritage City 

GRESIK,1minute.id – Wisata Heritage, Bandar Grissee menjai ikon baru di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik. Menteri Pariwisata, Ekonomi Kreatif (Menperekraf) Sandiaga Sholahuddin Uno memberikan apresiasi langkah pasangan Bupati-Wakil Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah menjadikan kawasan Gresik Kota Lama (GKL) sebagai destinasi wisata. 

“Wisata Heritage yang mempertahankan plurarisme, Interaksi antarbangsa. Ada wisata  religi yang menginspirasi. Nilai-nilai luhur yang dimanfaatkan wisata heritage. Haritage City

Mari kita kembangkan. Siap mendukung semua?” kata mas Menteri-panggilan akrab-Sandiaga Uno pada Minggu malan, 18 Desember 2022.

Menurut Unesco, kata Sandiaga Uno, haritage city dapat memperkuat karakter suatu tempat, membuka peluang bisnis dan memberikan pendapatan lebih tinggi karena ternyata pascapandemi ini ekonomi kita masih penuh tantangan. “Mencari kerja gampang atau susah,” tanya Sandiaga dijawab koor susah. 

Karena itu, Sandiaga Uno, mengajak semua stakeholder untuk membantu UMKM. “Makanya kita bantu UMKM kareba bisa menciptakan 97 persen di lapangan peluang kerja. Wisata menciptakan 6 kali lipat jumlah lapangan kerja dibandingkan sektor lainnya . Oleh karena itu kami mendukung Heritage City,”tegasnya.

Wisata Heritage, Bandar Grissee, kata Sandiaga Uno, tergolong lengkap dan langka. “Dan (disini) warisan kolonial yang kaya ragam ada juga warisan budaya dari Arab, China, Kolonial serta tentunya warisan budaya anak bangsa Harapannya terus melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi karena kita ditargetkan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024,” tegasnya. 

“Saya akan berjuang bersama Bupati dan jajarannya untuk membangkitkan ekonomi berbasiskan pariwisata dan ekonomi kreatif. Kami akan memastikan kebangkitan ini sama-sama dirasakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan, untuk memulihkan dan membangkitkan sektor parekraf. Kami ucapkan apresiasi terbaik untuk bandar Grissee,” ujar Mas Menteri-panggilan akrab-Sandiaga Uno.

Rangkaian launching Bandar Grissee selama tiga hari, mulai Jumat, 16 Desember 2022. Warga Kota Santri menyemut memadati kawasan Bandar Grissee di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Bedilan, Kecamatan / Kabupaten Gresik. Pada hari ketiga, Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri rangkaian launching Bandar Grissee.

Sandiaga Uno menginjakkan kaki kali pertama di kawasan Gedung Nasional Indonesia (GNI) di Jalan Pahlawan, Gresik. Mas Menteri kemudian keliling sejumlah ikon di Kota Santri dengan menumpang mobil listrik karya SMK PGRI Gresik.  Yang menjadi driver mobil listrik tanpa kap adalah Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Rombongan melewati Kampung Arab di Jalan Basuki Rahmat, Kemudian mampir ke rumah dinas Bupati di Alun-alun Gresik untuk Salat Magrib. Kemudian, Mas Menteri dan Gus Yani melanjutkan ke sejumlah tempat. (yad)