F1 Powerboat Digelar di Danau Toba, Ini Cara ke Danau Toba

MEDAN,1minute.id – Balapan Formula 1 (F1) Powerboat akan digelar di Danau Toba pada 25-26 Februari 2023. Event balapan motor air internasional kali pertama di Indonesia. Dalam video yang diputar di depan pintu masuk Bandara Silangit, rekor kecepatan Powerboat saat mencapai 261 km/jam.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kejuaraan dunia balap perahu cepat F1 Powerboat (F1H20) di Danau Toba merupakan sarana untuk lebih mempromosikan pariwisata Indonesia ke dunia internasional. 

Luhut mengatakan perhelatan F1 Powerboat memiliki dampak berantai yang positif. Perhelatan ini akan berjalan rutin selama lima tahun ke depan seperti World Superbike (WSBK) dan MotoGP di Mandalika, NTB dengan tujuan mempromosikan pariwisata Indonesia ke dunia.

Wartawan 1minute.id menyempatkan mengunjungi Danau Toba pada Jumat, 10 Februari 2023. Kunjungan itu, rangkaian memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) di Sumatera Utara bersama pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Gresik. Perjalanan menuju Danau Toba, Kabupaten Toba, Sumut dari lokasi HPN dipusatkan di halaman kantor Gubernur Sumatera Utara yang dihadiri Presiden Joko Widodo itu menggunakan jalur darat. 

Sekilas tentang Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Sumatera Utara. Secara administrasi, danau ini masuk dalam beberapa wilayah, di antaranya adalah Kabupaten Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Karo, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Dairi.

Berdasarkan catatan sejarah, Danau Toba terbentuk dari empat kali letusan gunung puluhan  ribu tahun lalu. Danau ini berada di kawasan Kaldera Gunung Supervulkan ini memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer dengan kedalaman sekitar 900 meter. Danau Toba mirip lautan dibandingkan sebuah danau ini terbesar di Asia Tenggara dan kedua di dunia. 

HOTEL DI TENGAH DANAU TOBA : Kawasan ini salah satu favorit bagi wisdom ketika berkunjung ke Danau Toba, Sumut pada Jumat, 10 Februari 2023 (Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Cara ke Danau Toba

Untuk mengunjungi sejumlah destinasi di Danau Toba, ada beberapa rute perjalanan yang bisa Anda tempuh dari Bandara Internasional Kualanamu, Medan atau Bandara Internasional Silangit (Sisingamangaraja XI Internasional Airport). 

Dari Bandara Kualanamu  bisa naik taksi. Perjalanan menuju Danau Toba juga semakin dipermudah dengan pembangunan tol baru yang menghubungkan Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi.

Dengan begitu, bila perjalanan ditempuh melalui tol ini, waktu tempuh dari Bandara Kualanamu menuju kawasan Parapat hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4-5 jam. Selain naik taksi, kamu juga bisa menggunakan moda transportasi udara. Dari Bandara Kualanamu, kamu cukup memesan satu tiket penerbangan ke Bandara Silangit. 

Bandara tersebut berada di Siborong-borong, Tapanuli Utara. Hanya dalam waktu 50 menit, sudah tiba di Tapanuli Utara. Setibanya di Bandara Silangit, bisa melanjutkan perjalan ke Parapat menggunakan taksi. Perjalanan ini akan memakan waktu sekira tiga jam. (yad)