Makam Putri Cempo, Putri Jelita, Saudagar Pengagum Sunan Giri (6)

Destinasi Wisata Religi di Gresik 

MAKAM Puteri Cempo terletak di Dusun Gunungsari, Desa Sidomoro, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik ini menjadi daya tarik bagi wisatawan religi. Makamnya berada di sebuah bukit. Siapa Putri Cempo? Putri Campa ada menyebut Cempo berasal dari Vietnam. Ia saudagar kaya raya dari negeri Campa, Vietnam.

Putri nan cantik jelita itu terpesona dengan dengan watak dan keluhuran budi pekerti Sunan Giri. Putri Campa pun menaruh hati kepada Joko Samudro – julukan – Waliyullah Sunan Giri. Ada beberapa versi yang berkembang tentang Putri Campa.

Setelah mengikuti jejak Sunan Giri dalam memperjuangkan Islam di Pulau Jawa dan Gresik, Putri Campa konon akhirnya menikah dengan Sunan Giri.

Namun, versi lain, Putri Campa hanya bisa menganggumi watak dan keluhuran budi pekerti tanpa bisa memiliki Sunan Giri hingga akhir hayatnya. Putri Campa dimakamkan di perbukitan yang teduh. Masyarakat Gresik menyebut Putri Campa menjadi Putri Cempo.

Makam Putri Campa menjadi salah satu destinasi wisata religi di Gresik ini. Biasanya, wisatawan berziarah malam hari. Terutama malam Jumat. Kini, kawasan Bukit Cempo semakin ramai. Puluhan kafe berdiri. Dari atas bukit itu, bisa melihat dengan jelas masjid Giri Kedaton. Masjid kali pertama dibangun oleh Sunan Giri. Di bukit Kedaton itu, Sunan Giri dinobatkan sebagai Kepala Pemerintahan.

Pemandangan alamnya eksotis. Apalagi, malam hari. Gemerlap lampu pabrik, pelabuhan bisa dinikmati sepanjang malam. Kawasan bukit tidak pernah sepi. Ada yang menyebut kawasan wisata milenial. 

Untuk diketahui Grissee Kota Bandar adalah salah satu buku muatan lokal. Semuanya cerita yang ada di Gresik. Mulai destinasi wisata religi, seni budaya dan destinasi wisata di Gresik daratan sampai pulau Bawean. Buku itu karya Chusnul Cahyadi ini- kini mengelola media online 1minute.id, hasil dari ngelutus lebih dari satu dasawarsa di Kabupaten Gresik (*/bersambung)