Malam Selawe Ramadan, Wabup Gresik : Semangat Sunan Giri Mengajak Masyarakat untuk Bermunajat 

GRESIK,1minute.id – Bagi Aminatus Sholihah,  pembuat dan penjual ketupat ketheg Malam Selawe atau malam 25 Ramadan momentum paling ditunggu. Karena sepanjang Jalan Sunan Giri di Kecamatan Kebomas penuh lautan manusia. Panjangnya lebih 2 kilometer. Puncak tamu yang datang ke Sunan Giri selama bulan suci Ramadan.Ngalap berkah. Berharap barakah Malam Seribu Bulan atau Lailatul Qadar.

Hingga saat ini, ketupat khas Giri itu menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan rohani yang berziarah ke makam salah satu Wali Sanga itu. Jajanan tersebut menjadi salah satu kuliner yang paling diburu para wisatawan rohani ketika berziarah ke makam Sunan Giri. Kuliner konon menjadi suguhan para tamu ketika malam likuran Ramadan hingga Lebaran tiba di zaman Prabu Satmata–nama lain Sunan Giri–menjadi pemimpin pemerintahan di Bukit Giri itu.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah bersama Forum Koordinasi Pimpinan daerah (Forkopimda) Gresik melakukan ziarah ke makam Sunan Giri pada malam selawe atau Sabtu malam, 15 April 2023. Setelah berziarah ke makam Waliyullah di puncak Bukit Giri, Wabup perempuan pertama di Kabupaten Gresik itu kemudian menyempatkan menyapa dan membeli pedagang UMKM yang membuka lapak di Kompleks Makam Sunan Giri itu.

SAPA PEDAGANG : Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah didampingi Sekda Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman, Kepala Dinas Cipta Karya Perumahan dan Kawasan Permukiman (DCKPKP) Gresik Ida Lailatussa’diyah dan kepala OPD lainnya usai berziarah ke Makam Sunan Giri dalam tradisi Malam Selawe Ramadan pada Sabtu malam, 15 April 2023 ( Foto: ist)

“Malam ini adalah salah satu dari malam ganjil yang istimewa di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Karena di malam ganjil ini, diindikasikan turunnya malam Lailatul Qadar,” ujar Wabup Aminatun Habibah pada Sabtu malam, 15 April 2023.

Konon, tradisi Malem Selawe telah ada sejak zaman Maulana Ainul Yaqin (Sunan Giri). Kala itu, sebelum mudik, Sunan Giri mengajak para santrinya untuk beriktikaf di Masjid Giri, dengan harapan mendapatkan berkah malam Lailatul Qadar. Pada era sekarang, tradisi tersebut berkembang tidak hanya beriktikaf di masjid. Melainkan juga berziarah ke makam Sunan Giri dan melakukan berbagai amaliyah lainnya. 

Menurut Bu Min, fenomena ini juga berdampak positif pada ratusan UMKM yang berjualan di sekitar lokasi makam dan sepanjang Jalan Sunan Giri. “Karena banyaknya pengunjung di Masjid Giri maka hal ini bagus untuk UMKM sekitar. Karena menjelang lebaran pasti banyak masyarakat yang membutuhkan bermacam pakaian atau kebutuhan yang baru. Sehingga, hal ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” ujar Bu Min didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman itu.

Bu Min  berharap, semangat Sunan Giri dalam mengajak masyarakat bermunajat kepada Allah SWT terus diwariskan ke masyarakat Gresik. (yad)