Jumat Curhat, Kapolda Jatim Pilih Datangi Rumah Warga, Ini Keluhannya

GRESIK,1minute.id – Jumat Curhat di Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik terasa istimewa. Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto yang turun kebawah (turban) mendatangi sejumlah rumah di desa yang dipimpin oleh Fatkhur Rahman itu.

Rumah Sarbiah, 56 ; dan Awiyah 50, diantaranya. Jenderal dua bintang itu duduk di tikar plastik. Jenderal Toni terlihat serius mendengarkan curahan hati mereka. Irjen Toni yang didampingi para pejabat utama (PJU) Polda Jatim serta Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom terlihat menganggukkan kepala. Seakan sudah memahami keluh kesah warga desa tersebut.

Sarbiah, misalnya. Kesehatan perempuan 56 tahun terus menurun. Kerap sakit-sakitan.  Ia pun mengaku belum memiliki kartu badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) Kesehatan. “Mohon kiranya dibantu pak,” ucap Sarbiah. 

Awiyah, lain lagi.  Perempuan 50 tahun mengaku kerap disambati kesulitan warga ketika hendak berobat ke puskesmas atau rumah sakit. Ia menginginkan ada mobil ambulans yang belum ada di desanya. “Apa boleh minta bantuan Bhabinkamtibmas mobil ambulan,” kata Awiyah.

Menanggapi curhatan dua warga Sukorejo itu, 

Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto menyampaikan masyarakat dapat menghubungi call center atau bisa menyampaikan ke Bhabinkamtibmas maupun Babinsa untuk membantu menghubungi petugas kesehatan. 

“Tadi disampaikan BPJS kesulitan, dalam hal kesehatan sarana kendaraan (ambulans) bisa ke rumah sakit. Kita mendengar dan menindaklanjuti diharapkan menjadi solusi. Tentu ada korelasinya,” tuturnya. 

Kapolres AKBP Adhitya Panji Anom menambahkan pihaknya menyediakan ambulans bisa melalui Bhabinkamtibmas dan disampaikan ke Dokkes. “Tadi beberapa warga menyampaikan dan memfasilitasi warga yang belum memiliki BPJS nanti akan didaftarkan, difasilitasi. Kehadiran Bhabinkamtibmas dan Babinsa di desa sudah sangat diapresiasi masyarakat. Masukan terkait kendaraan ambulan jika butuh ambulan Polres punya ambulans, tinggal koordinasi dengan Bhabinkantibmas bantuan rumah sakit terdekat,” pungkasnya. (yad)