SD Mugeb Gresik Siapkan Siswa Masuk Era Digital, Ikwam Hibah Dana untuk Infrastruktur Sekolah 

GRESIK,1minute.id – SD Muhammadiyah 1  Gresik Kota Baru (Mugeb) menggelar wisuda siswa kelas VI di AstonInn pada Rabu, 21 Juni 2023. Sebanyak 143 wisudawan yang mengikuti wisuda ke-23 itu. Mereka berasal  dari 5 rombongan belajar (rombel). Acara pelepasan kelulusan siswa tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) S.Hariyanto, Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Gresik Muhammad Thoha Mahsun. 

Pada kesempatan itu S.Hariyanto mengapresiasi peran SD Mugeb dalam memajukan pendidikan di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. “SD Mugeb gudang siswa prestasi,” puji Hariyanto dalam sambutannya. 

Acara Graduation Ceremony terasa meriah meski tetap khidmat. Sebab, acara tersebut pemberian apresiasi kepada siswa prestasi hingga hafidz alquran juga diselingi sejumlah penampilan siswa. Mulai musikalisasi puisi, tari khas Gresik, Damarkurung juga penyerahan secara simbolis bantuan hibah dana dari pengurus Ikhwam periode 2019-2023. 

IKHWAM: Pengurus Ikhwam Periode 2019-2023 SD Mugeb Syaiful Anwar (tengah) menyerahkan hibah Ikwam kepada Kepala SD Mugeb Mochammad Nor Qomari di acara wisuda pada Rabu, 21 Juni 2023 (Foto : chusnul cahyadi/1minute.id)

Penyerahan hibah dana untuk infrastruktur sekolah sebesar Rp 75 juta dan 5 unit SmartTV masing-masing 70 inchi itu diserahkan oleh Ketua Ikwam SD Mugeb  Syaiful Anwar kepada Kepala SD Mugeb Mochammad Nor Qomari. 

Acara yang mulai pukul 07.00 WIB berakhir sekitar pukul 13.00 WIB. Sebelum penutupan, panitia wisuda melanjutkan acara parenting dengan menghadirkan narasumber Nafik Palil. Konsultan pendidikan maupun pondok pesantren baik di dalam maupun luar negeri ini mengusung tema “Presenting an Outstanding Moslem Generation”. 

Dalam Parenting itu, Nafik mengajak wisudawan untuk lebih ahli alquran dan generasi inovatif. Ia lalu mengajak siswa mewujudkan imajinasi melalui kertas yang dibagikan. Mereka bebas melakukan kreasi. Ada yang membuat pesawat, kapal, dan bentuk lainnya. 

Kepala SD Mugeb Mochammad Nor Qomari mengungkapkan harapan kepada para siswa yang telah lulus untuk terus memegang teguh akidah Islam yang telah ditanamkan selama 6 tahun jangan sampai lepas. Selain itu, Arik panggilan-Mochammad Nor Qomari memberikan pesan kepada wisudawan untuk terus menjadi anak yang memiliki akhlak dan karakter. “Dimana pun beraktifitas baik di rumah, lingkungan, dam sekolah. Tetap semangat belajar. Kalau kepingin pintar ya belajar. Kalau mau pintar dan sukses harus hormat kepada ibu dan ayah,” pesan Ari.

Ia melanjutkan, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan evaluasi bersama Wakil kepala sekolah terkait beberapa masukan untuk menyikapi perubahan yang begitu cepat. “Perkembangan zaman untuk menyiapkan anak-anak lebih siap terhadap era digital,” katanya.

Sementara itu, Ketua Ikwam SD Mugeb Syaiful Anwar mengatakan dana hibah adalah bentuk partisipasi dan kepedulian wali siswa terhadap sekolah. “Dimana sekolah telah membantu mendidik putra- putrinya. Sedangkan 5 SmartTV bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran siswa siswa di kelas,” kata Syaiful Anwar. (yad)