Lebar Ruas Jalan Sekapuk-Banyuurip jadi 7 Meter, Bupati Gresik Optimistis Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

GRESIK,1minute.id – Ruas Jalan Raya Sekapuk-Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah bakal tambah lebar dan mulus. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik dibawah kepemimpinan Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah,

Bupati dan Wakil Bupati Gresik akan melebarkan dari 3 meter menjadi 7 meter. Panjangnya sekitar 2,5 kilometer. Peningkatan infrastruktur jalan di Pantai Utara (Pantura) di Gresik Utara itu untuk memanjajakan wisatawan yang dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat itu.

Di kawasan tersebut terdapat sejumlah destinasi wisata yang sedang naik daun. Yakni, Destinasi wisata Selo Tirta Giri (Setigi), Kebun Pak Inggih (KPI) di Desa Sekapuk dan Destinasi Wisata Gosari, Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah. Kemudian, wisata pasir putih, Pantai Delegan , Desa Delegan, Kecamatan Panceng. 

Selain itu, di kawasan tersebut dikenal salah satu penghasil ikan bandeng terbesar di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. Di sektor industri doking kapal serta industri pupuk dolomit.

“Perluasan ruas ini kita yakini mampu memberikan manfaat dan memiliki multiplier effect dalam penguatan ekonomi masyarakat. Kita tahu di wilayah tersebut banyak terdapat kawasan perikanan, wisata, bahkan ada industri pupuk dan docking kapal yang luar biasa besar potensinya,” ujar Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani melalui pesan tertulis pada Jumat, 23 Juni 2023.

Perluasan ruas Jalan Sekapuk—Banyuurip kali ini, sejatinya merupakan kelanjutan dari pengerjaan perluasan ruas dengan total 6 Km di tahun lalu. Ruas jalan juga dilebarkan dari yang sebelumnya 3,5 meter menjadi 7 meter.

Dengan ruas jalan yang dilebarkan dua kali lipat, mobilitas masyarakat dalam memutar roda perekonomian dan kenyamanan wisatawan diharapkan semakin terjamin. 

Sesuai perjanjian kontrak pengerjaan, perluasan ruas ini dijadwalkan akan selesai pada akhir November 2023. (yad)