Sambut Tahun Ajaran Baru, UPT SMP Negeri 2 Gresik Gelar IHT untuk Guru dan Tendik

GRESIK,1minute.id – UPT SMP Negeri 2 Gresik menggelar In House Training (IHT) di ruang guru pada Senin, 10 Juli 2023. Pelatihan internal ini diikuti oleh seluruh tenaga pendidik atau guru dan tenaga kependidikan atau tata usaha ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) S.Hariyanto. 

IHT Implementasi Kurikulum Merdeka dan Penyusunan Perangkat Pembelajaran bertujuan meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan ini menghadirkan narasumber fasilitator Sekolah Penggerak Ulfatul Ma’rifah dari Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG). IHT  diselenggarakan mulai 10 sampai 13 Juli 2023. Materi IHT kali ini adalah Implementasi Kurikulum Merdeka Mandiri tahun kedua mengusung tema “Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar”.

Kepala Dinas Pendidikan Gresik S.Hariyanto mengapreasi kegiatan IHT guru dan tenaga kependidikan (tendik) di UPT SMP Negeri 2 Gresik ini. Menurutnya, lembaga dan tenaga pendidik harus mengikuti perkembangan zaman. “Lembaga dan guru terus harus bergerak dan menggerakkan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka . Guru harus terus belajar dalam percepatan pembelajaran yang kompetitif di era globalisasi ini,” kata S.Hariyanto dalam sambutannya. 

Ditempat sama, Kepala UPT SMP Negeri 2 Gresik Mohammad  Salim mengatakan in House Training (IHT) merupakan agenda rutin setiap tahun. IHT adalah pelatihan internal ini untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga kependidikan. “Kegiatan ini sangat diperlukan untuk diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan dalam menyambut tahun ajaran baru 2023/2024,” kata Salim pada Senin, 10 Juli 2023.

IHT, kata Salim, sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM) dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka mandiri serta untuk memaksimalkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan (Tendik) miliki dengan yang mereka hadapi dilapangan.Kegiatan IHT ini dilaksanakan sampai 13 Juli 2023. “Dan, bertujuan  meningkatkan kompetensi SDM Pendidik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di tahun kedua,” tegas Salim. 

Sementara itu, Yani, salah satu peserta IHT mengaku senang bisa mengikuti IHT ini. “Saya sangat merasakan manfaat yang luar biasa dengan pencerahan dalam menerapkan merdeka mengajar menyongsong tahun ajaran baru nanti,” katanya. (yad)