Bakar Sampah, Nyaris Membakar Gudang Kayu

GRESIK,1minute.id – Musibah kebakaran terjadi hampir setiap hari di Kota Industri-sebutan Lain-Kabupaten Gresik ini. Kurun waktu 20 hari terakhir ini, Dinas kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik mencatat ada 53 kejadian kebakaran. 

Artinya, ada 2 kali kebakaran setiap hari yang harus ditangani oleh petugas Damkarmat Gresik. Sebagai besar lahan yang terbakar adalah ilalang. “Sudah berulang saya mengingatkan jangan membakar sampah sembarangan apalagi tanpa ada pengawasan sangat berbahaya, ” kata Kepala Dinas Damkarmat Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Dia lalu menceritakan kebakaran yang terjadi di Jalan Diponegoro Gang Makam, Desa Kedanyang. Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik sekitar pukul 06.30 pada Minggu, 20 Agustus 2023. Pagi itu, ditengarai ada warga membakar sampah di dekat pergudangan kayu milik Jianto. Tiupan angin membuat api cepat merembet karena banyak bahan kering yang mudah terbakar. Agung, salah satu warga melihat api membesar dan memasuki lahan gudang kayu milik Jianto melaporkan kejadian itu Dinas Damkarmat Gresik. Beruntung petugas Damkarmat Gresik cepat datang. Sehingga, api tidak sampai merembet gudang kayu tersebut.

“Api diduga dari Aktivitas pembakaran sampah oleh warga di dekat atau sebelah gudang tanpa adanya pengawasan. Dan akhirnya api menyambar kayu di sekitar tersebut lalu api semakin membesar,” terang Sinaga. (yad)