Pengabdian Masyarakat, Dosen Departemen Biologi, FST Unair Surabaya Berikan Pelatihan Garnis dan Carving 

SURABAYA1minute.id – Tim Dosen Departemen Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga Surabaya menggelar Program pengabdian masyarakat di Kelurahan Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Surabaya. 

Program pengabdian masyarakat dalam bentuk kegiatan pelatihan pembuatan hiasan pada makanan dan minuman (garnis dan carving). Pelatihan diikuti oleh ibu-ibu PKK di wilayah RW 5, Kelurahan Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Surabaya.

Menurut Dr. Junairiah, dalam dunia kuliner, menjadikan hidangan menarik dan indah, merupakan hal yang penting, seperti pembuatan hiasan pada makanan dan minuman (garnis dan carving). Selain mempercantik tampilan hidangan, pembuatan garnis dan carving juga dapat menambah selera makan bahkan meningkatkan nilai jual. 

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang garnis dan carving, ketrampilan dalam membuat garnis dan carving, nilai jual dari produk kuliner, kesejahteraan masyarakat, serta penghasilan masyarakat,” kata Dr. Junairiah pada Jumat, 1 September 2023. 

PENGABDIAN MASYARAKAT: Dosen Departemen Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga Surabaya menggelar Program pengabdian masyarakat di Kelurahan Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Surabaya. (Foto: Istimewa)

Para peserta mendapatkan pelatihan membuat garnis hiasan bunga dari mentimun, wortel, sawi hijau, sawi putih serta membuat carving yaitu wadah sambal dari buah pepaya. Peserta diberikan cara menata hasil garnis dan carving serta mengaplikasikan hasil garnis pada hidangan makanan. “Dari pelatihan yang diberikan, diharapkan para pebisnis kuliner yang dimotori oleh ibu-ibu PKK ini bisa mendongkrak nilai jual produk kuliner yang dihasilkan,” katanya. 

Pelatihan dipusatkan di Balai RW 5, Kali Kepiting Jaya. Pelatihan diadakan pada 18 Juli 2023. Peserta melaporkan hasil prakteknya secara berkala yang dibagikan dalam whatsapp grup. “Seperti saat peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, peserta pelatihan membagikan hasil kreasinya berupa tumpeng dengan hiasan garnis dan carving,” katanya. (yad)