dr Titik Ernawati: Psikologis Anak SAH Membaik, Sudah Ceria dan Inginkan Pindah Sekolah

GRESIK,1minute.id – Kondisi psikologis SAH, 8, anak yang diduga dicolok tusuk bakso hingga buta terus membaik. Siswa kelas II sekolah dasar negeri (SDN) di Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik itu sudah bisa tersenyum. Anak korban kekerasan yang diduga oleh seniornya tersebut menginginkan pindah sekolah. 

Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Gresik dr Titik Ernawati mengatakan, pihaknya melakukan pendampingan kepada anak SAH sejak 4 September 2023. Anak SAH yang semula sering termenung dan murung kini ceria. “Alhamdulillah sekarang lebih ceria dan lebih banyak bercerita,” ujar dr Titik Ernawati melalui pesan WhatApps pada Rabu, 20 September 2023. 

Akan tetapi jika disinggung kasus tersebut memang ada akspresi yang berubah dari keceriaannya, jadi perlu waktu untuk pulih dan menceritakan dengan terbuka kasus tersebut.

Anak SAH, imbuhnya, tidak lagi merasakan sakit yang dialami. Bahkan, anak korban kekerasan fisik itu kangen sekolah. Untuk diketahui,  kekerasan yang dialami anak SAH terjadi pada 7 Agustus 2023. Korban diduga dicolok tusuk bakso. Akibat kekerasan itu, mata kanan anak SAH tidak bisa melihat. Buta.  Kejadian kekerasan yang dialami anak korban. Penyidik Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Gresik telah menaikkan status penyidikan.

“Anak SAH ada keinginan kembali ke sekolah dan merindukan beberapa temannya dan juga gurunya yang baik,” terang dr Titik Ernawati.  

Kesimpulan terakhir  hasil pendampingan dengan psikologis klinis, anak SAH sebaiknya pindah sekolah. “Dan kami sudah observasi beberapa sekolah yang aman dan menyenangkan buat SAH,” katanya.

Sementara itu, sumber 1minute.id menyebutkan anak SAH telah selesai menjalani pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging atau MRI di Surabaya. Pemeriksaan MRI adalah pemeriksaan medis menggunakan teknologi magnet serta gelombang radio untuk mengidentifikasi kondisi tubuh pasien. “Sudah ada hasilnya. Tapi, nanti ada dokter yang menyampaikan hasil pemeriksaan MRI itu,” ujar sumber yang meminta identitas tidak disebut. (yad)