Jelang Pilkaos, UPT SMP Negeri 2 Gresik Gelar Sosialisasi bersama Komisioner KPU Gresik 

GRESIK,1minute.id – Pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Pilkaos) UPT SMP Negeri 2 Gresik digelar pada Selasa, 26 September 2023 nanti. Hari ini, Jumat, 22 September 2023, sekolah yang dipimpin oleh Mohammad Salim itu menggelar sosialisasi pra calon pemilih pemula. Mereka adalah seluruh siswa  di UPT SMP Negeri 2 Gresik yang berjumlah 760 siswa ini mengusung tema “Pemilihan Ketua OSIS Sarana Belajar Demokrasi di Sekolah”.

Sosialisasi untuk materi pembelajaran P5 dalam kurikulum merdeka itu menghadirkan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik Makmun. P5 dalam kurikulum merdeka adalah Pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan merenungkan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. 

Makmun menjelaskan tentang pentingnya sosialisasi pra calon pemilih pemula untuk menggali potensi berdemokrasi di lingkungan sekolah. Yakni, kesadaran akan kehidupan demokrasi kepada para siswa. “Pagi ini kita akan belajar bersama tentang pemilu dan demokrasi, bagaimana demokrasi itu bisa kita terapkan mulai dari lingkungan terkecil kita, terutama sekolah dan keluarga,” terang Makmun. Kehidupan berdemokrasi sangat penting untuk ditanamkam sejak dini. Ia mencontohkan di sekolah bisa menerapkan pemilih ketua OSIS dan pelaksanaan programnya. 

Sosialisasi digelar di halaman sekolah berlokasi di Jalan KH Kholil, Gresik selama 60 menit mulai pukul 07.00 WIB sampai 08.00 WIB. Karena materi cukup menarik sehingga terasa cepat selesai.  

Sementara itu, Kepala UPT SMPN 2 Gresik Mohammad Salim mengatakan, kegiatan yang menarik dan langka ini telah memberikan kebahagiaan tersendiri untuk siswa UPT SMP Negeri 2 Gresik. “Keilmuan pendidikan berpolitik tentang berdemokrasi sudah dipahami oleh siswa dengan detail langsung dari sumbernya yaitu KPU kabupaten Gresik,” kata Salim. Sedangkan, proses Pilkosis UPT SMP Negeri 2  Gresik,  telah membentuk Komisi Pemilihan OSIS (KPO). (yad)