Terkendala Suplai Air,  Petugas Damkarmat Butuh Waktu 22 Jam Padamkan Kebakaran Pabrik Kayu PT Nankai Indonesia

 

GRESIK,1minute.id – Petugas pemadam kebakaran Gresik akhirnya bisa menjinakkan api yang melahap pabrik kayu, PT Nankai Indonesia dan PT Ahmadi Pasca Printis. Butuh waktu hampir dua hari, tepatnya 22 jam untuk menjinakkan api yang membakar ratusan kubik kayu di pabrik berlokasi di Jalan Mayjend Sungkono, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik itu.

“Tadi pagi sekitar pukul 04.00, anggota bergeser dari lokasi Kebakaran PT Nankai,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Jumat, 13 Oktober 2023. “Saat ini, anggota kami tempatkan di pabrik sebelah, PT Ahmadi Pasca Printis,” imbuh mantan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif , Pemuda dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Gresik itu.

Pemadam pabrik pengolahan kayu PT Nankai Indonesia itu membutuhkan kerja keras karena objek yang terbakar adalah kayu, bahan mudah terbakar. “Selain itu, kami kesulitan mendapatkan suplai air,” katanya. Kebakaran hebat di pabrik kayu PT Nankai Indonesia terjadi pada Kamis pagi, 12 Oktober 2023. Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran tersebut. 

Ada dua orang pekerja terluka bakar yang harus menjalani perawatan intensif di ICU RS Semen Gresik.  Korban bernama M. Sholahudin dan Ismanto. Keduanya mengalami luka bakar di area wajah, leher, perut, tangan, dan kaki. Namun, luka yang cukup serius terdapat di area leher dan kepala yang menyebabkan trauma inhalasi atau trauma di area pernapasan.

PANTAU KEBAKARAN: Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (berkopyah) memantau perkembangan kebakaran di pabrik kayu PT Nankai Indonesia di Jalan Mayjend Sungkono, Kebomas pada Kamis malam 12 Oktober 2023 ( Foto : Damkarmat Gresik untuk 1minute.id)

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani memantau langsung proses pemadaman yang dilakukan oleh anak buahnya di Dinas Damkarmat Gresik itu pada Kamis malam, 12 Oktober 2023. Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani didampingi Kepala Dinas Damkarmat Gresik Agustin Halomoan Sinaga. 

Ia berpesan kepala anggota Damkarmat agar tetap berhati-hati dalam menjalankan tugas sehingga tidak terjadi hal lain yang tidak diinginkan. Keselamatan jiwa nomor satu.

“Rolling-rolling terus biar tidak capek, setiap berapa jam rolling,” kata Gus Yani kepada personil Damkarla yang bertugas di lokasi. 

Besarnya lidah api  yang melahap tumpukan kayu olahan berkualitas ekspor itu membuat atap pabrik yang terbuat dari baja itu runtuh. Bangunan atap baja melengkung tidak kuat menahan panasnya api itu kemudian ambruk. 

Kebakaran pabrik kayu PT Nankai Indonesia ini menambah panjang tragedi kebakaran selama musim kemarau di Kota Industri-sebutan Lain-Kabupaten Gresik ini. (yad)