Truk Muatan Tabung Gas SNG Kosong Terbakar di Tol KLBM, APAR Macet, Damkarmat Pun Turun Tangan

GRESIK,1minute.id – Sebuah truk muatan gas SNG kosong terbakar di ruas jalan Tol KLBM tepatnya di Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik pada Jumat malam, 27 Oktober 2023. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sopir truk bernama Nazarin Nyarianto, 53, asal Blora, Jawa Tengah selamat.

Informasi yang didapat dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik, Jumat, 27 Oktober 2023 sekitar pukul 23.00 WIB truk bermuatan gas SNG melaju dengan kecepatan tinggi dari gerbang Tol  Krian, Legundi, Bunder dan Manyar (KLBM) dari Kediri. Tujuannya ke Kabupaten Gresik.

Setelah menempuh perjalanan panjang,  truk yang disopiri oleh Nazarin Nyarianto mengalami gangguan. Nazarin Nyarianto kemudian mengurangi kecepatan truk dengan nomor polisi (nopol) D 9300 YB . Lelaki 53 tahun itu mengijak pedal rem. Saat menginjak rem itu menimbulkan percikan api. Kemudian, muncul bara api dari dekat ban belakang. Sopir asal Blora, Jateng itu turun. Ia mencoba memadamkan bara api dengan menggunakan alat pemadam ringan (APAR). Namun, Nazarin apes, APAR macet. 

Seorang pengendara yang sedang melintas kemudian berinisiatif meminta bantuan pemadaman kebakaran melalui call center 112. “Anggota kami tiba di lokasi 10 menit pascamerima laporan,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

Petugas damkar yang berpakaian lengkap akhirnya bisa menjinakkan amuk si jago merah yang melahap trul muatan tabung gas SNG kosong itu menjelang dini hari, Sabtu, 28 Oktober 2023 pukul setengah satu atau 00.30 WIB. “Tidak ada korban jiwa,” tegas Sinaga. (yad)