Bu Min Inginkan Olahraga Jadi Gaya Hidup Sehat Perempuan Gresik

GRESIK,1minute.id –  Aminatun Habibah memiliki amanah tambahan. Selain sebagai Wakil Bupati Gresik, Bu Min-sapaan akrabnya, kini menjabat sebagai Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Gresik. 

Sebelumnya, Wakil Bupati perempuan pertama di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini juga didapuk sebagai Ketua Bu Nyai Nusantara Gresik. Pelantikan Bu Min sebagai Ketua Perwosi Gresik masa bakti 2022-2026  dilakukan oleh Ketua Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Gresik Anis Ambiyo mewakili Ketua Perwosi JawaTimur Arumi Bachsin di Kantor Bupati Gresik pada Rabu, 29 November 2023.

Pelantikan pengurus Perwosi Gresik dihadiri oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Kepala Disparekrafbudpora Syaifuddin Ghozali, Ketua TP PKK Gresik Nurul Haromaini Ali, dan Dirut BUMD PT. Gresik Migas Habibullah iji berlangsung khidmat. 

Fandi Akhmad Yani pada kesempatan itu berharap, Perwosi dapat memberikan kontribusi nyata di dunia olahraga.

Selain itu, olahraga harus menjadi gaya hidup. “Tidak lagi dipandang untuk menjaga kebugaran tubuh saja, akan tetapi olah raga sudah dipandang sebagai bagian dari kebutuhan manusia,” harap Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya. 

Orang nomor satu di Kota Industri-sebutan Lain-Kabupaten Gresik ini berharap agar kebiasaan sehat ini terus disosialisasikan dan dikampanyekan kepada masyarakat. Menurutnya, ini dapat menjadi modal awal dalam mencetak generasi penerus yang sehat.

“Dengan demikian Perwosi bersama dengan Disparekrafbudpora dan KONI Gresik, bisa membantu masyarakat Gresik sukses terhadap olahraga. Serta fokus dalam bertugas sehingga dapat menelurkan atlet-atlet muda berbakat dalam jangka panjang,” harap Gus Yani.

Tak hanya masyarakat, lembaga pendidikan juga perlu dipahamkan akan potensi olahraga untuk siswa-siswinya. Sehingga, prestasi tidak hanya berstandar pada kemampuan kognitif afektif, tapi juga psikomotorik.

“Melalui Perwosi, ibu-ibu dapat membangun keluarga yang sehat dan bugar yang nantinya akan melahirkan bibit-bibit unggul yang berprestasi. Dimulai dari pembinaan kepada anak-anak.” ujarnya.

Usai dilantik, Ketua Perwosi Gresik Aminatun Habibah memiliki mimpi besar untuk menjadikan olahraga sebagai gaya hidup masyarakat, wabil khusus kaum hawa. 

“Kami punya keinginan, agar seluruh perempuan di Kabupaten Gresik mencintai olahraga apapun itu. Bahkan tidak hanya sekedar mencintai, tapi juga membangkitkan semangat berolahraga di Gresik semakin maju,” tuturnya.

Prestasi Gresik di bidang olahraga dapat meningkat secara signifikan. Tidak hanya di tingkat kabupaten/kota, tapi juga provinsi dan nasional. “Kita juga kepingin di Porprov nanti bisa naik lagi prestasinya. Maka ini menjadi salah satu kewajiban kami di Perwosi untuk mensupport hal tersebut. Sehingga dapat menjadikan atlet yang berprestasi, khususnya yang perempuan.” ujar Bu Min.