Perwosi Gresik Tetapkan Petanque, Cabor Prioritas Perempuan Kota Santri 

GRESIK,1minute.id – Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Gresik Aminatun Habibah tancap gas. Sebulan pascapelantikan perempuan yang juga Wakil Bupati Gresik itu menetapan olahraga petanque sebagai program prioritas untuk para perempuan di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik.

“Kami diberi tantangan oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) kira-kira apa yang bisa dikembangkan oleh Perwosi saat ini. Saya pun melihat cabor petanque ini sangat berpotensi mencetak atlit muda yang berprestasi. Sehingga nanti karena kita di Perwosi, olahraga ini yang akan kami prioritaskan untuk perempuan,” ujar Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah saat membuka Sosialisasi dan Pelatihan Petanque di SMK Assa’adah, Kecamatan Bungah pada Jumat. 22 Desember 2023.

Petanque adalah permainan tradisional asal Prancis yang merupakan pengembangan dari permainan zaman Yunani Kuno sekira abad ke-6 SM. Versi modern dari permainan petanque diperkenalkan oleh Jules Boule Lenoir pada 1907 di kota La Ciotat, Provence, di selatan Prancis.

Petanque dimainkan dengan cara melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang diletakkan di depan pemain sebagai sasaran, dan kaki harus berada di lingkaran kecil. Permainan ini biasa dimainkan di rerumputan, pasir, atau permukaan tanah lain. Olahraga ini bisa dilakukan secara individu maupun beregu.

Petanque mulai resmi dikenal dan dipertandingkan saat Indonesia menjadi tuan rumah Sea Games ke-26 pada 2011. Meski telah masuk dalam cabang olahraga profesional, petanque masih awam terdengar di telinga Indonesia. Juga, belum familier di Gresik. 

Bu Min tetap optimi, cabor satu ini terus berkembang di masyarakat Gresik, khususnya perempuan. Hal ini dikarenakan petanque adalah permainan yang cukup sederhana dengan perlengkapan dan peraturan yang tidak neko-neko.

Pada kejuaraan nasional, olahraga petanque terbagi dari tiga kategori, yaitu kategori single , ganda, dan campuran. “Ini harus kita kenalkan karena memiliki banyak kategori medali. Ditambah alatnya sederhana dan fasilitasnya mudah. Maka ini saya harapkan dapat menjadi andalannya Perwosi,” ungkap Wabup berlatar pendidik itu.

Usai seremonial dilanjutkan dengan pertandingan petanque yang diikuti 110 siswi dari SMP se-Kabupaten Gresik. (yad)