2024 : 2.077 Orang Asal Gresik Berangkat Haji, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani : Jaga Kesehatan, Keselamatan, Semoga Menjadi Haji Mabrur

GRESIK,1minute.id -Sebanyak2.077calon jemaah calon haji atau CJH asal Kabupaten Gresik berangkat ke tanah suci mereka. Ribuan CJH itu tergabung dalam delapa  kelompok terbang atau kloter. Yakni, kloter 10 , 44, 

70, 80, dan 81. Berikutnya,  kloter 82, 95, dan 102. Tadi pagi, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani atau Gus Yani melepas sebanyak 169 CJH di halaman Kantor Bupati Gresik di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas. 

Gus Yani didampingi oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah atau Sekda Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman serta para tokoh masyarakat di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik. 

Acara pelepasan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan dilanjutkan dengan sambutan Bupati Yani. Dalam sambutannya, Bupati Yani mengungkapkan rasa syukur dan haru atas kesempatan yang diberikan kepada para jamaah haji untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Saya berharap para jemaah dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan khusyuk dan lancar, serta kembali ke tanah air dengan predikat haji yang mabrur,” ujar Gus Yani pada Rabu, 22 Mei 2024.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh CJH untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama di tanah suci. Hal ini tidak lepas dari data dari Kemenag terkait usia CJH mayoritas berusia diatas 50 tahun.

“Saya berharap nanti di tanah suci, semua saling bantu membantu karena sejatinya panjengenan semua adalah saudara. Apalagi mayoritas yang berangkat haji pada tahun ini sudah berusia lanjut,” tambahnya.

CJH akan berangkat menuju Asrama Haji Sukolilo dan dijadwalkan terbang ke Tanah Suci esok hari. Mereka akan berada di Arab Saudi selama kurang lebih 40 hari untuk menjalankan rangkaian ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima.

Dengan penuh haru, keluarga dan kerabat mengiringi keberangkatan para jamaah dengan doa dan harapan agar seluruh rangkaian ibadah haji dapat berjalan dengan lancar dan membawa berkah bagi semua

Data yang dihimpun dari Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Gresik, tahun ini jumlah CJH asal Kabupaten Gresik berjumlah 2.077 orang. Rinciannya, 2.105 CJH lunas, 106 mutasi masuk, 151 jamaah mutasi keluar serta 14 petugas kesehatan, dan 3 orang pembimbing jemaah haji.

Sedangkan, dari segi usia 18-20 tahun sebanyak 16 orang ; 21-30 tahun (74 orang) ; usia 31-40 tahun (174 orang) dan usia 41-50 tahun (504 orang). Kemudian, usia 51-64 tahun (932 orang) ; dan usia 65-91 tahun sebanyak (353 orang). (yad)