QA Siapkan Kebijakan Fasilitasi Produk UMKM Gresik Masuk Toko Modern dan Waralaba

GRESIK, 1minute.id – Minimarket waralaba menjamur di Kota Santri. Bahkan, sampai ke pedesaan. Akan tetapi, toko modern itu tidak begitu banyak memasarkan produk UMKM.

Nah, pasangan calon (paslon) nomor urut satu, Moh Qosim dan Asluchul Alif prihatin. Cabup-Cawabup, Qosim-Alif (QA) itu berkomitmen untuk memfasilitasi produk unggulan UMKM agar bisa masuk di toko modern atau waralaba.

“Nanti produk unggulan UMKM Gresik harus bisa dipasarkan di toko modern atau waralaba. Jika mereka tidak mau, izinnya akan dievaluasi,”kata dokter Alif-sapaan- Asluchul Alif dalam siaran pers diterima 1minute.id, Rabu 14 Oktober 2020. 

Cawabup nomor urut 1 ini juga sudah menyiapkan beberapa program peningkatan ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif dalam visi-misinya. 

“Wujudnya nanti pada akselerasi pendampingan program pemerintah daerah di sektor pertanian, peternakan, perikanan, UMKM dan usaha ultra mikro lainnya, mengembangkan ekosistem agro industri perdesaan dan BUMDes sebagai inkubator bisnis berbasis pedesaan,”jelasnya.

SAMBUNG RASA : Paslon Cabup-Cawabup, Moh Qosim-Asluchul Alif berkomitmen fasilitasi produk UMKM masuk toko.modern atau waralaba ( foto : Tim Media QA )

Alif menambahkan wujud daya saing ekonomi berbasis potensi lokal bisa berupa fasilitasi kemudahan akses permodalan dan produk unggulan perdesaan berbasis e-commerce. Dalam program ini paslon QA salah satunya akan meluncurkan ‘Kartu UMKM Bangkit’. 

Melalui kartu ini pegiat UMKM dan Ultramikro dibantu dalam kemudahan akses permodalan yang juga ditunjang dengan intervensi pemerintah daerah, dalam mendekatkan “pasar” menjadi solusi berkembangnya sektor UMKM dan Ultramikro yang jumlahnya ratusan ribu di Kabupaten Gresik.

“Kami akan mendirikan BUMD yang menyiapkan pasar produk warga lokal. Sehingga pasar produk UMKM terjamin. Pasar juga akan terintegrasi dengan sistem pasar modern. Semua data juga dapat terpantau secara konkrit,”kata dokter berusia 40 tahun ini. (*)