Program Gresik Sehati, Paslon Niat Siap Gratiskan BPJS Kelas 3 dan Subsidi Kelas 2 dan 1

GRESIK,1minute.id – Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2 Fandi Akhmad Yani – Aminatun Habibah (Niat) kembali mendapat keluhan dari masyarakat saat melakukan kampanye blusukan di Dusun Glintung, Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti, kabupaten Gresik, Jumat Malam 13 November 2020.

Cabup milenial itu, disambati warga Gresik Selatan persoalan di sektor kesehatan. Salah seorang warga peserta BPJS ketika berobat ke rumah sakit mendapatkan perlakukan berbeda dengan pasien umum maupun asuransi. 

“Bukan hanya saya. Tapi,  banyak peserta BPJS mendapatkan perlakuan berbeda ketika berobat,”kata warga tersebut.

Menanggapi keluhan masyarakat itu, Cabup Gus Yani-sapaan-Fandi Akhmad Yani, mengatakan bila mendapatkan amanah terpilih sebagai Bupati Gresik akan menjamin tidak akan ada lagi perlakuan berbeda dari Rumah Sakit terhadap pasien BPJS di semua kelas.

Bahkan, Gus Yani menjanjikan akan mengratiskan iuran seluruh pasien BPJS kelas 3 ber KTP Gresik.  “Melalui program Gresik Sehati bakal menggratiskan pasien BPJS kelas 3 ber-KTP Gresik melalui APBD,”kata Cabup yang diusung enam parpol di DPRD Gresik ini. 

Tak hanya pasien kelas 3, tambahnya,  pasien BPJS kelas 2 dan 1 nantinya juga disubsidi oleh Pemkab Gresik senilai iuran BPJS kelas 3. Sehingga peserta BPJS kelas 2 dan 1 tinggal mengangsur sisanya.  “Semua peserta BPJS kelas 3 nanti akan saya gratiskan. Yang kelas 2 dan 1 juga saya subsidi senilai kelas 3,”tegasnya.

Gus Yani mengilustrasikan,  kalau sekarang kelas 3 angsuran BPJS Rp 42 ribu ;  kelas 2 Rp 100 ribu dan kelas 1 Rp  150 ribu. 
“Maka kelas 2 tinggal ngangsur sisanya Rp. 58 ribu, dan kelas 1 tinggal bayar 108 ribu,”ucap Gus Yani yang disambut tepuk tangan emak-emak berkerudung merah.

Lebih jauh Gus Yani menjelaskan, pihaknya bersama Bu Min (Aminatun Habibah) sudah mengkaji dan memperhitungkan matang program ini. Sebab menurut mantan Ketua DPRD Gresik itu,  kesehatan merupakan sektor yang fundamental di dalam masyarakat. Sehingga alokasi APBD pada sektor kesehatan bisa ditambah tanpa  menyebabkan APBD defisit.

“Masyarakat bisa menagih dan mengawal realisasi program Niat”

Cabup Fandi Akhmad Yani

“APBD kita ini besar Rp 3,5 triliun. Karena itu alokasi anggaran di sektor kesehatan masih bisa ditambah. Dan tidak perlu khawatir defisit, karena APBD kita masih bisa ditingkatkan lagi,”tegasnya. 

Salah satunya dengan cara intensifikasi pendapatan serta efisiensi dan efektifitas belanja daerah. “Dengan begitu sangat mungkin iuran BPJS nanti akan ditanggung pemerintah daerah melalui integrasi layanan BPJS dengan kebijakan jaminan sosial daerah,”terangnya. 

Selain masalah BPJS, tidak sedikit warga yang mengharapkan adanya rumah sakit daerah baru di wilayah Gresik Selatan. Gus Yani mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Karena itu pihaknya menegaskan bahwa pembangunan rumah sakit itu sudah masuk dalam visi misinya. Termasuk masalah BPJS. 

“Saya tidak tega warga Menganti sakit harus ke rumah sakit Surabaya, termasuk warga  Driyorejo. Warga Wringinanom juga kalau sakit harus ke Mojokerto. Makanya saya jamin warga tidak perlu berobat ke luar Kota Gresik karena nanti kita bangunan rumah sakit daerah baru di wilayah selatan. Dan subsidi BPJS oleh pemerintah daerah. Semua itu ada di visi misi Niat dalam program Gresik Sehati,”jelasnya.

Gus Yani melanjutkan ini bukan sekedar janji politik tapi ini komitmen kami untuk mengurangi beban masyarakat di sektor kesehatan. “Sehingga masyarakat bisa menagih dan mengawal realisasi program Niat,”tegas Cabup milenial.

Ditambahkan dia, dalam program Gresik Sehati itu paslon Niat juga melakukan optimalisasi pelayanan kesehatan di tingkat desa dengan cara peningkatan kualitas serta kuantitas bidan desa. Bahkan, tunjangan kinerja tenaga kesahatan juga ditingkatkan agar tercipta pelayanan yang maksimal untuk kesehatan masyarakat terutama yang kurang mampu.

“Program Gresik Sehati akan meningkatkan fasilitas kesehatan dan menyiapkan tenaga medis profesional pada pusat layanan kesehatan masyarakat gresik. Dan juga menjadikan puskesmas sebagai basis program komunitas rumah sehat,”pungkasnya. (*)