Pecandu dan Pengedar Kawasan Pantura Gresik Dibekuk Polisi

GRESIK,1minute.id – Dua anggota sindikat peredaran narkoba di pantai utara (pantura) Gresik digulung anggota Polsek Bungah. Dua maniak sabu-sabu itu adalah Heri Suyanto alias Mbah Giant, 42, warga Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah dan Bagus Yuliansyah alias Panjul, 23, warga Desa Padangbandung, Kecamatan Dukun, Gresik. Mereka ditangkap ditempat berbeda.

Menurut Kapolsek Bungah AKP Sujiran melalui Kanitreskrim Polsek Bungah Aipda Dwi Rahmanto mengatakan, penangkapan pecandu dan pengedar sabu-sabu itu berawal dari laporan masyarakat. 
Sejumlah anggota Polsek Bungah dipimpin Kanitreskrim Aipda Dwi Rahmanto melakukan penelisikan.

Hampir sepekan polisi melakukan penyelidikan. “Kami baru bisa memastikan target operasi adalah pencandu dan pengedar sabu-sabu, Minggu 22 November 2020 malam,”kata Dwi Rahmanto, Selasa malam. 

Kali pertama, Heri Suyanto dibekuk ketika berada di warung kopi (warkop) di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik sekitar pukul 21.00. Dalam penggeledahan ditemukan sebilan paket hemat (pahe). “Satu poket dipegang tersangka,”ujar Dwi Rahmanto. 

Polisi kemudian melakukan penggeledahan di rumah lelaki berkulit sawo matang itu di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Dalam penggeledahan ditemukan peralatan nyabu.

Dalam pemeriksaan Heri Suyanto dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Mbah Giant itu “menyanyi”. “Malam itu juga, tersangka kami keler menuju rumah BY (Bagus Yuliansyah) di Desa Padangbandung, Kecamatan Dukun,”terang mantan Kanitreskrim Polsek Wringinanom, Gresik itu. 

Dirumah Bagus ditemukan sejumlah barang-bukti, diantaranya bukti transaksi online di gawai milik tersangka dan uang tunai Rp 2,5 juta. Kedua tersangka Pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 112 ayat (1) UU RI No.35 th 2009 Tentang Narkotika. (*)