Kelas Indospring Kembali Dibuka, Dibutuhkan 24 Siswa, Seleksi Diikuti 360 Siswa

GRESIK,1minute.id – Program vokasi kelas industri di SMK PGRI Gresik kembali bergulir. Kelas industri bekerjasama dengan PT Indospring itu memasuki tahun ketujuh. 

Tahun ini, pabrikan otomotif berlokasi di Jalan Mayjend Sungkono, Kecamatan Kebomas itu membutuhkan 24 siswa untuk didik menjadi tenaga siap kerja.

Antusiasme siswa cukup tinggi. Sebanyak 360 siswa kelas XI di sekolah yang dipimpin oleh Arif Susanto mengikuti seleksi kelas industri itu. Sekolah berlokasi di Jalan DR Soetomo, Gresik telah menjaring 178 siswa untuk seleksi tahap berikutnya, yakni wawancara dan spikotes. 

“Untuk tes wawancara dan psikotes dilakukan manajamen Indospring,”ujar Waka Humas SMK PGRI Gresik Robby A. Y,  Sabtu 28 November 2020.

Seleksi digelar di aula lantai 4 sekolah tetap menjalankan protokol kesehatan, yakni physical distancing dan memakai face shield atau masker. “Seleksi dilakukan dua tahap untuk menjaga prokes,”tambah Robby. 

Sementara itu,  Industrial Relation Manager PT.Indospring Tbk Dias Pipit Chusairy menambahkan dari 178 siswa kelas XI jurusan Teknik Mesin dan Listrik akan diambil 24 siswa. 

“Sebanyak 24 siswa yang lolos seleksi akan menjalani pembelajaran selama setahun,”ujar Dias disela memimpin seleksi di SMK PGRI Gresik ini, Sabtu 28 November 2020.

PSIKOTES : ratusan siswa SMK PGRI Gresik menjalani psikotes untuk seleksi kelas Indospring di Aula Sekolah, Sabtu 28 November 2020 ( foto : chusnul cahyadi)

Selama setahun, puluhan siswa kelas Indospring ini mendapatkan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan industri di Indospring. Yakni,  6 bulan pertama kelas teori.

“Di kelas teori ini nanti selain guru dari SMK PGRI,  jajaran manajemen juga memberikan pembelajaran di kelas. Kurikulumnya sesuai kebutuhan industri,”katanya.  Diantaranya, pembelajaran tentang budaya kerja, Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) hingga quality control (QC).

“Kemudian, 6 bulan berikutnya siswa menjalani praktik di Indospring. Mereka yang lulus bisa langsung kerja di Indospring,”ujarnya. Dias mengatakan program kelas Indospring memasuki tahun ketujuh. “Kami mulai lakukan sejak 2014,”katanya. 

Manajemen bekerjasama dengan SMK PGRI Gresik ini, bertujuan kontribusi menyiapkan generasi muda siap bekerja. (*)