Sambut Ramadan, Bupati Gresik Masukkan Vaksinasi untuk Imam Masjid dalam Program Kerja 99 Hari Nawa Karsa

GRESIK,1minute.id – Marhaban Ya Ramadan. Bulan Suci itu sebentar lagi tiba. Untuk memberikan perasaan aman dan nyaman jamaah di bulan Suci paling ditunggu umat muslim itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani memasukkan program vaksinasi untuk 1.000 imam masjid dan musala dalam Progran Kerja 99 Hari Bupati dan Wakil Bupati Gresik.

Rencana vaksinasi imam masjid dan musala itu diungkapkan ketika melaunching Gerakan Sang Mantan menjadi Pahlawan (Gerbang Pahlawan) di Pendapa Bupati Gresik pada Selasa, 2 Maret 2021.

Gerbang Pahlawan ini, mengajak para peyintas Covid-19 untuk melakukan donor plasma Convalense. Gus Yani-sapaan-Fandi Akhmad Yani menjadi orang pertama yang melakukan donor plasma convalense bekerjasama dengan PMI Cabang Gresik itu. 

“Saya alumni Covid-19,”kata Bupati Gresik berusia 35 tahun itu. Meski tidak mengalami gejala atawa orang tanpa gejala (OTG). Akan tetapi, hasil test swab berulangkali hasilnya positif. Pada 25 Desember 2021, Gus Yani memutuskan untuk melakukan isolasi mandiri.

Selama 25 hari isolasi, Gus Yani tetap melakukan aktivitas yakni pembicara webinar dan membaca buku. “Selama 25 hari itu, Saya bisa menamatkan 5 buku,”kata suami Nurul Haromaini itu.

Menurutnya, gerakan donor plasma konvalesen, salah satu treatmen yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan angka kesembuhan dan mengurangi angka kematian pasien Covid-19. Ada 100 orang yang siap untuk melakukan Gerakan Sang Mantan menjadi Pahlawan ini.

SERTIFIKAT DONOR PLASMA : Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani didampingi Wabup Gresik Aminatun Habibah menyerahkan sertifikat donor plasma kepada penyintas Covid-19 di Pendapa Bupati Gresik pada Selasa, 2 Maret 2021 ( foto : chusnul cahyadi/1minute.id)

“Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat penyintas yang telah memberikan donor plasma konvalesen kepada pasien Covid-19 di Gresik menuju Gresik Baru,”tegasnya.

Gus Yani berharap kasus Covid-19 Gresik menunjukkan tren menurun. Mantan Ketua DPRD Gresik berharap pagebluk corona bisa cepat berakhir. Pemkab Gresik, tambahnya, menggeber vaksinasi. Nakes, TNI, Polri dan petugas pelayanan publik telah menjalani vaksinasi.

“Tadi pagi, sebelum acara Gerbang Pahlawan, Saya mendatangi vaksinasi untuk anggota Babinsa di Makodim 0817 Gresik. Semua Babinsa sudah divaksin dan mereka dinyatakan sehat,”tegasnya.

Kedepan, menjelang bulan Suci, Ramadan, tambahnya, Pemkab Gresik akan memprogramkan 1.000 vaksinasi covid untuk imam masjid dan musala,”katanya.

Vaksinasi untuk imam masjid itu untuk memberikan perasaan aman dan nyaman bagi jamaah saat beribadah di bulan suci, Ramadan. “Semoga upaya ini bisa meningkatkan kualitas Ibadah Ramadan di seluruh jajaran dan mengurangi kekhawatiran di masyarakat,”katanya.

Sebelumnya, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno mengatakan, jumlah vaksin yang telah disalurkan oleh Gubernur Jawa Timur sampai kemarin sebanyak 20 ribu dosis, untuk 10 ribu orang. Setiap orang dua kali vaksin selang 14 hari dari vaksin kali pertama.

“Kami berharap Pemerintah terus menambah jumlah alokasi vaksin di Gresik sehingga semua elemen masyarakat dapat menerima vaksin anti covid-19, selanjutnya dapat memberikan kesejahteraan masyarakat,”harap Abimanyu yang juga Asisten III Pemprov Jatim itu.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Gresik drg Syaifudin Ghozali menambahkan, pihak sedang mengusulkan vaksinasi tahap kedua. Peruntukkan vaksinasi itu, diantaranya untuk imam masjid, musala, takmir, guru atau tenaga pendidik dan pegang di pasar tradisional. (*)