Tujuh Atlet Panjat Tebing Gresik bakal Ikuti Selekda Popnas dan PPLP Jatim 2021

GRESIK,1minute.id – Tujuh atlet panjat tebing FPTI Gresik bakal menjalani seleksi daerah Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Selekda Popnas) dan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) 2021. Selekda Popnas dan PPLP 2021 Jatim akan dihelat mulai 17-18 Maret 2021 di Climbing Wall FPTI Jatim , Lapangan KONI Jatim.

Tujuh atlet panjat tebing asal Gresik adalah Antasyafi Roby al Hilmi ;  Linaas Nuur Ghoni ; Teguh Tegar Gymnastiar dan Nur Ismatul Sakdia. Kemudian, Daniel Budiharjo ; Askia Azahzahra dan Kikuk. 

Ketujuh atlet panjat tebing itu anggota Rock Hobbies yang dipimpin Abbas. Mereka adalah andalan FTPI Gresik untuk bisa lolos dalam Selekda Popnas dan PPLP 2021 bertujuan membentuk tim Panjat Tebing Jatim menghadapi Popnas 2021 pada 23 Agustus – 5 September 2021 di Bangka Belitung. 

Antasyafi Roby al Hilmi, misalnya. Siswa SMP Negeri 3 Gresik, adalah peraih medali emas ketegori nomor boulder beregu di Lamongan. 

“Robi termasuk andalan Popnas Gresik. Ia peraih emas boulder beregu di Lamongan,”kata Abbas melalui pesan WhatsApp pada Sabtu, 13 Maret 2021. Robi bergabung di komunitas Rock Hobbies sejak umur 9 tahun. Selama 5 tahun, siswa SMP Negeri 3 Gresik digebleng oleh Abbas.

Robi kali pertama mengikuti kejurnas panjat tebing di Jogjakarta. Saat itu, usianya baru 9 tahun.  Kemudian, mengikuti Singapore Open diusia 11 tahun. “Robi runner up under 17 tahun peserta terkecil,”terang Abbas. Kini, Robi beranjak remaja. Usianya 14 tahun. Robi menjadi salah satu andalan FPTI Gresik untuk bisa lolos Selekda Popnas dan PPLP 2021 ini. 

Peserta Selekda Popnas dan PPLP ini, ada tigs nomor kompetisi yakni Lead, Spead WR dan Boulder Putra dan Putri. Dalam persyaratan yang dikeluarkan FPTI Jatim, untuk Popnas atlet kelahiran 2003-2008 ( 13 – 18 tahun, maksimal kelas XI SMA pada 2021). Kuota setiap pengda/kota,  5 atlet putra dan 5 putri mengikuti semua kategori nomor yang di perandingkan.

Untuk Popnas, akan diambil masing-masing, 5  Putra dan Putri untuk menjalani pemusatan latihan menghadapi Popnas Panjat Tebing di Bangka Belitung. (*)