Ini 5 Fakta Mencengangkan tentang Siput


SEBUAH penelitian menyebutkan jika kamu memindahkan sejauh 20 meter dari kebun, mereka tidak kembali. Tapi, banyak orang yang menggunakan kimiawi. Terlepas dari semua itu, ada 5 fakta tentang siput. Simak yuk.

1. Hewan yang bisa berumur 25 tahun

Umur siput bergantung jenis spesies dan habitat tempat tinggalnya. Beberapa berumur 5 tahun. Ada yang bisa hidup 25 tahun

2. Siput punya 14 ribu gigi lho

Terbayang ngak, siput memiliki 14 ribu gigi. Gigi itu digunakan untuk mengerat serta memotong makanan. Andai siput sakit gigi, bayangkan sendiri bagaimana repotnya dokter merawatnya.
Mengutip idntimes.com gigi- gigi tersebut teratur secara baris-berbaris dalam bentuk radula.

Radula umumnya memiliki 120 baris dengan kumpulan 100 gigi masing-masingnya, untuk yang giginya berjumlah 12 ribu. Beberapa spesies bahkan memiliki 20 ribu gigi. Peletakan gigi dan bentuknya bervariasi tiap tipenya.


3. Siput binatang selaw

Siput memiliki lendir membuatnya bisa bergerak lebih cepat. Bukan rahasia bahwa siput adalah salah satu hewan terlambat di dunia. Mereka biasanya bergerak dalam kecepatan yang stabil tapi bisa mencapai kecepatan sekitar 46 m/jam atau sekitar 1,3 cm/detik.

SELEW : Siput, hewan pengerat tanaman ( foto : chusnul cahyadi/1minute.id )

4. Daya penciuman sangat kuat

Siput nyaris tidak memiliki mata. Juga tidak punya indera pendengeran. Tapi, siput yang selaw itu memiliki daya cium makanan hingga beberapa meter. Daya ciumnya tajam untuk hewan seukuran itu.

5. Hama pertanian, gimana ya cara memusnahkannya 

Ada fakta unik tentang siput di Florida dalam pembasmian siput besar sebagai hama, yaitu dengan menggunakan bantuan anjing labrador. Sebanyak 128 ribu siput tertangkap dalam program tersebut. Menurut Richard Gaskalla, kepala industri pertanian dalam Florida Agriculture Department, Labrador sangat jago dalam berburu siput Afrika raksasa. (yad)