Kadinkes Jatim : Belum Ditemukan Varian Baru di Gresik

https://www.1minute.id/wp-content/uploads/2021/06/2206_kantor_dispendik_gresik.jpg


GRESIK, 1minute.id – Kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik menghentikan semua pelayanan. Kantor berlokasi di Jalan Arif Rahman Hakim itu tutup. Di pagar kantor ditempel selembar kertas putih. Isinya, “Pengumuman untuk Sementara Pelayanan Ditangguhkan. Karena ada Sterilisasi”. 

Dalam pengumuman itu sebutkan pelayanan kembali dibuka pada Kamis lusa, 24 Juni 2021. Ada apa? Kepala Dinas Pendidikan Gresik Mahin mengatakan, ada empat pegawai Dispendik yang positif Covid-19. Pegawai itu  merupakan staf di beberapa bidang. “Saat ini, ke empat pegawai itu sedang menjalani isolasi mandiri,”kata Mahin. 

Ia menceritakan, pada Jumat lalu, sejumlah pegawai sempat berinteraksi dengan yang seorang yang terduga terpapar corona virus disease 2019. Sehingga kontak erat positif itu Senin kemarin dilakukan rapid tes antigen. “Kita langsung tracing dan lakukan rapid test antigen. Tapi sejauh ini yang positif hanya empat pegawai,”katanya.

Kadinkes Pemprov Jatim dr Herlin Ferliana (foto : chusnul cahyadi/1minute.id)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur dr Herlin Ferliana menyatakan, ada tren peningkatan Covid-19 di Jatim. Namun, varian baru belum ditemukan. “Belum ditemukan varian baru di Gresik,”tegas Herlin usai pencanangan nasional introduksi Imunisasi Pneumokokus Konyugasi (PCV) di Pendapa Bupati Gresik pada 22 Juni 2021.

Perkembangan Covid-19 Gresik semakin mengkhawatirkan. Pertambahan kasus baru lebih banyak dibandingkan kasus baru. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani pihaknya bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) , Satgas Covid Kecamatan hingga Desa untuk memperketat kegiatan masyarakat.

Sebab, saat ini ada kecenderungan disiplin masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan (prokes) menurun. Sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan kesiplinan masyarakat dalam melaksanakan prokes. Menjaga jarak aman, cuci tangan dan memakai masker bisa menjadi gaya hidup masyarakat. (yad)