Perkuat Sinergi dengan Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina Gelar Gathering dengan 177 Wartawan

GRESIK, 1minute.id – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengajak pelaku usaha industri hulu minyak dan gas bumi untuk membangun industri kreatif dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jawa Timur.

Dimasa pandemi Covid, kata Emil, digitalisasi menjadi keniscayaan untuk siapa saja. “Kalau dulu orang bisa berjualan secara lokal, mengandalkan toko-toko setenmpat. Tapi ketika dia digital, persaingannya menjadi lebih luas, sehingga daya saingnya harus didorong,”kata Emil dalam Media Gathering Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina yang diikuti 1minute.id digelar secara daring pada Kamis, 24 Juni 2021.

Media Gathering secara online ini diikuti oleh 177 wartawan dari sejumlah daerah yaitu  Surabaya, Gresik, Bangkalan, Tuban, Blora,  Bojonegoro, Cepu, Sulawesi,  dan Papua.

Selain Wagub Emil Dardak, acara ini menghadirkan sejumlah narasumber. Yakni Manager Relations Regional Indonesia Timur Iwan Ridwan Faizal ; Senior Manager External Communication & Stakeholders Relation Subholding Upstream PertaminaHermansyah Y. Nasroen ; Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa Nurwahidi dan Mellysa Widyastuti dari Ayo Media Network yang memaparkan tentang Digital Marketing.

“Kita tahu kebutuhan terhadap energi primer tetap ada dan kami yakin ini jadi industri stabil. Jadi kami berharap industri migas berkolaborasi dalam meningkatkan daya saing pelaku UMKM termasuk dalam digitalisasi,”kata Emil.

Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa Nurwahidi mengatakan selama ini pelaku industri migas sudah banyak program pada masyarakat dilingkungan sekitarnya. Diakui olehnya peran terhadap masyarakat sekitar tak luput dari dukungan media massa, sehingga kegiatan silaturahmi dengan media dan peningkatan kerjasama disambut baik.

“Peran dari rekan media dalam mendukung industri migas sangat besar, dengan membantu menyiarkan informasi dan kontribusi industri migas baik secara pemenuhan energi dan program program kemasyarakatan,”ujar Nurwahidi.

Sementara itu, Manager Relations Regional Indonesia Timur Iwan Ridwan Faizal menerangkan operasional perusahaan. Regional Indonesia Timur ini, kata Iwan,  beroperasi di Wilayah Jawa Timur, Sulawesi, dan Papua yang terbagi menjadi beberapa zona. “Selain sebagai ajang silaturahmi dengan media, acara ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada para jurnalis mengenai pengelolaan wilayah operasi saat ini  secara regionalisasi. Tentu regionalisasi sesuatu yang baik, karena menjadikan organisasi menjadi lean, agile dan efisien,”jelas Iwan.  

Hal senada disampaikan oleh Senior Manager External Communication & Stakeholders Relation Subholding Upstream Pertamina Hermansyah Y. Nasroen. Ia menambahkan bahwa dengan model organisasi hulu pertamina saat ini diharapkan dapat meningkatkan operational excellence, daya saing dan kapabilitas perusahaan. (yad)