Getok Tular, Warga Semakin Antusias Mengikuti Serbuan Vaksi di Pulau Bawean


GRESIK,1minute.id – Ekspektasi masyarakat Pulau Bawean untuk vaksinasi patut diacungi jempol. Hari ketiga, pada Jumat, 30 Juli 2021, serbuan vaksin digelar oleh TNI Angkatan Laut melalui Komando Armada II itu masih terasa warga berbondong-bondong untuk ikut vaksinasi yang tersebar di enam titik di Pulau Bawean.

Enam titik itu terbagi dua dua kecamatan yakni Sangkapura dan Tambak. Masing-masing tiga titik. “Saling getok tular. Sehingga, mereka yang semula ragu akhirnya mau ikut vaksinasi,”kata Camat Tambak Agung Endro Dwi Setyo Utomo pada Jumat, 30 Juli 2021. Di kecamatan Tambak tepat vaksinasi digelar di Pendapa Kecamatan Tambak, Balai Desa (Baldes) Diponggo dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Telukjatidawang.

Agung-begitu sapaan-Agung Endro Dwi Setyo Utomo, di tiga titik vaksinasi itu menargetkan 3 ribu hingga 4 ribu warganya bisa mendapatkan vaksin merek Sinovac itu. “Kami terus dorong masyarakat untuk ikut vaksinasi,”kata Agung. 

Jumlah penduduk Kecamatan Tambak dewasa alias wajib memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) berjumlah 20.500 jiwa. Sebelum program serbuan vaksinasi digelar oleh Komando Armada II warga yang telah mendapatkan vaksinasi berjumlah 3.100 jiwa. Bila di serbuan vaksin memenuhi target 4 ribu orang menjadi 7 ribuan warga tervaksin. “Optimistis, target Bupati Gresik 70 persen warga mendapatkan vaksin bisa teralisasi pada September 2021.

ANTUSIASME MASYARAKAT : Masyarakat Pulau antusias untuk mengikuti vaksinasi digelar oleh TNI AL, Komando Armada II di Pulau Bawean, Gresik, Jatim (Foto : Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Camat Sangkapura Hamim setali tiga uang dengan Agung. Pihaknya, menargetkan warga yang ikut dalam serbuan vaksin lebih besar dari Kecamatan Tambak. Sebab, jumlah penduduk wajib memiliki e-KTP mencapai 40 ribuan jiwa. Dua kali lebih banyak di Kecamatan Tambak. Sebelum serbuan vaksin dilakukan oleh TNI AL melalui Komanda Armada II, warga Sangkapura yang telah mendapatkan vaksinasi berjumlah 4.500 dosis. 

“Dalam acara serbuan selama 3 hari ini berharap lebih 5 ribu warga mendapatkan vaksin,”tegas Hamim ditemui di Posko Darurat PPKM di Pesanggrahan. Di Pesanggrahan ini, salah satu titik serbuan vaksin di Sangkapura. Dua lainnya di Taman Kanak-kanak Muslimat dan Kampus Sekolah Tinggi Islama Hasan Jufri (STAIHA).

Seperti diberitakan TNI Angkatan Laut (TNI) melalui Komando Armada II menggelar serbuan vaksin dipusatkan Pulau Bawean, Gresik. Serbuan vaksin direncanakan tiga hari, mulai Rabu – Jumat, 28-30 Juli 2021. Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto menegaskan melihat animo masyarakat serbuan vaksin bisa ditambah hingga Sabtu, 31 Juli  2021.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa , Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, dan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani meninjau langsung serbuan vaksin yang memasuki hari kedua pada Kamis, 29 Juli 2021. Mereka mengapresiasi animo masyarakat Pulau Putri-sebutan lain-Pulau Bawean itu. Bahkan, Pangkoarmada Laksda TNI Iwan melihat kaum hawa yang lebih dominan mengikuti vaksinasi yang berada di Pesanggrahan. “Mohon dukungannya, semoga Indonesia segera bisa mengakhiri wabah Covid-19,”kata Laksda Iwan. (yad)