Penyebab Badan Jembatan Kacangan Patah Masih Misterius

GRESIK,1minute.id- Jembatan Kacangan yang menghubungkan Desa Bulurejo dengan Desa Gluranploso, Kecamatan Benjeng  Gresik patah pada Minggu sore, 19 Desember 2021.

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik sedang melakukan penelitian penyebab patah badan jembatan yang baru berumur 10 tahunan itu. Dibangun sekitar 2000-an.

Jembatan Kacangan yang menghubungkan Desa Bulurejo dan Desa Geluran Ploso, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik patah pada Minggu (19/12/2021) sekira pukul 16.00 WIB.

Jembatan Kacangan itu berada diatas aliran Kali Lamong. Ketika patah bagian tengah kondisi air Kali Lamong itu tidak begitu deras. Karena proses normalisasi Kali Lamong berjalan sesuai skedul. Ada dugaan tiang penyangga patah atau ambles tidak kuat menahan beban kendaraan yang diatasnya.

Suyitno warga Desa Gluranploso menceritakan merasa janggal waktu melintas diatas jembatan itu. “Seperti ada sambungan yang putus,”terang lelaki 43 tahun itu. Meski hampir tiap hari lalu lalang diatas jembatan Suyitno mengaku tidak mengetahui secara pasti kejadian badan jembatan yang patah itu.

Camat Benjeng Suryo Wibowo mengatakan, pihaknya telah menutup akses jalan itu. “Tidak korban dalam kejadian tersebut,”kata Suryo Wibowo.  Untuk saat ini, pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan sejumlah desa untuk jalan alternatif warga.  Selain menjadi akses utama bagi warga Desa Bulurejo dan Desa Gluranploso. Kaki jembatan di sisi utara masuk Desa Bulurejo dan kaki di bagian selatan masuk Desa Gluranploso. Jembatan itu menjadi vital karena digunakan masyarakat desa lainnya. (yad)