Ini Khasiat Buah Merah Khas Bawean 

GRESIK,1minute.id – Tanaman Buah Merah asli Bawean menarik perhatian dalam peringatan Hari Air Sedunia 2022 di Gresik. Tanaman itu ditandur oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman di dekat rumah pompa Banjar Anyar-2 di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) di Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Gresik pada Rabu, 30 Maret 2022.

Buah Merah tergolong tanaman langka. “Ini (tanaman) bisa dibudidayakan,”kata Washil-panggilan-Sekda Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman disela acara pada Rabu, 30 Maret 2022.
Apa khasiat Buah Merah Khas Bawean itu? Sejumlah literatur yang dikumpulkan wartawan  1minute.id  menyebut, buah merah berbentuk bulat, memiliki bulu halus, dan berwarna merah jika sudah matang atau tua.

Ada dua jenis buah merah yakni  Merah Biasa dan Mentega. Buah merah biasa  memiliki tekstur daging yang lembut dan bau yang khas. Sedangkan, buah merah mentega berwarna agak kuning dan tekstur daging yang lebih lembut serta baunya lebih khas. 

Buah merah dapat dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi jus, brownis, dan jenis kue lainnya. Lalu apa khasiat mengkonsumsi buah Merah Khas Bawean? Diantaranya, Mencegah kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah merah dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas ; mencegah diabetes ; mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit lain yang terkait ; menjaga kesehatan mata serta membantu mencegah hepatitis B. Itu khasiat Buah Merah Khas Bawean. (yad)