Menteri Sofyan Djalil Serahkan 555 Sertifikat Tanah Aset Pemkab kepada Bupati Gresik 

GRESIK,1minute.id – Aset tanah pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik bersertifikat bertambah 555 bidang. Penyerahan ratusan bidang sertifikat hak atas tanah diserahkan secara simbolis oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A. Djalil kepada Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani di Banyuwangi pada Minggu malam, 29 Mei 2022.

Penyerahan ratusan bidang sertifikat tanah aset Pemkab Gresik itu disaksikan oleh Kepala kantor wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur Jonahar serta Bupati dan Wali Kota di Jawa Timur. Acara diawali dengan penyerahan hibah anggaran pola trijuang Pemkab Gresik kepada Kementerian ATR/BPN sebesar Rp 3 miliar. Anggaran hibah berasal dari APBD Gresik untuk mendukung pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sudah di mulai di Kabupaten Gresik.

Fandi Akhmad Yani disela-sela kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih atas sinergi yang sudah terjalin antara Pemkab Gresik dengan Badan Pertanahan Nasional utamanya BPN Gresik yang dikepalai oleh Asep Heri dalam mewujudkan target Gresik Kabupaten Lengkap 2022.

Dalam kesempatan ini, diberikan juga penghargaan sekaligus menerima Bendera Pataka atas kinerja 100% PTSL 2021 dan penyelesaian residu PTSL 2020 dan 2021 yang diraih oleh BPN Gresik menempati urutan pertama, BPN Kota Surabaya posisi runner up dan BPN Pacitan menempati posisi ketiga.

Pemkab Gresik berupaya menuntaskan pensertifikatan tanah di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik sebanyak 325 ribu bidang tanah. Rincianya,175 ribu bidang tanah belum bersertifikat, dan 150 bidang tanah belum diukur. Semuanya tersebar di 120 desa dalam 10 kecamatan. (yad)