Hari ini, Ratusan Jamaah Masjid Nurul Jannah Petrokimia Gresik Berangkat Haji

GRESIK,1minute.id – Anis Wahyuni mberebes mili. Terharu. Penantian panjang puluhan tahun menjadi tamu Allah SWT bakal menjadi kenyataan. Perempuan 48 tahun asal Gresik Kota Baru (GKB) tergabung kelompok terbang (kloter) 12. Ia bergabung di jamaah Masjid Nurul Jannah Petrokimia Gresik yang masuk pada Sabtu, 11 Juni 2022.

“Alhamdulillah, mohon doanya bisa menjadi haji mabrur,”ujar Anis Wahyuni sambil mengusat air mata. Seremonial pelepasan calon Jamaah Haji (CJH) dilepas oleh Direktur Keuangan dan Umum (DKU) PT Petrokimia Gresik Budi Wahju Soesilo di Masjid Nurul Jannah Petrokimia Gresik di Jalan A.Yani, Desa Ngipik, Kecamatan/Kabupaten Gresik pada Kamis, 9 Juni 2022. Pelepasan simbolis itu dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dan sejumlah undangan lainnya. 

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah berpesan kepada CJH untuk menjaga kesehatan. Pasalnya, kondisi cuaca di Arab Saudi, Makkah dan Madinah mencapai 51 derajat celcius. “Pakai kaus kaki yang tebal. Karena banyak ditemukan telapak kaki jamaah melepuh,”pesan Bu Min-sapaan akrab-Aminatun Habibah kepada ratusan CJH. 

Wabup perempuan pertama di Kabupaten Gresik itu tidak lupa mendoakan mendapatkan kesehatan sehingga bisa menjalankan rukun haji secara khusyuk. “Semoga menjadi haji mabrur,”ujar Bu Min. 

Dari data KBIH, ada sebanyak 315 calon jamaah haji (CJH) yang mestinya berangkat tahun ini. Namun yang berhasil berangkat hanya 106 jamaah. Sedangkan 7 jamaah yang meninggal dan digantikan keluarganya. 

Ketua Takmir Masjid Nurul Jannah Petrokimia Gresik Rohmad mengatakan, para jamaah sangat bahagia pasca dua tahun belum ada keberangkatan Imbas pandemi Covid-19. 

PELEPASAN: Suasana pelepasan CJH Jamaah Masjid Nurul Jannah Petrokimia Gresik pada Kamis, 9 Juni 2022 ( Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

“Tujuh jamaah haji yang meninggal tahun ini berangkat diwariskan keluarganya. Untuk sisanya 209 calon Jamaah, semoga tahun 2023 bisa berangkat semua,”katanya. 

Diakuinya, sebelum adanya pandemi Covid-19. Kouta rata-rata jamaah Masjid Nurul Jannah 300 sampai 400 jamaah.  “Kouta terbesar di Kabupaten Gresik. Jamaah tidak hanya berasal dari karyawan Perusahaan juga masyarakat umum,”ujarnya. 

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Gresik Sahid menuturkan, pemberangkatan Kabupaten Gresik dibagi dua gelombang. Dengan enam kali pemberangkatan. Gelombang pertama tanggal 11, 13, 15 Juni 2022. Sedangkan gelombang ke 2 tanggal 16, 18, dan tanggal 26 Juni. 

“Itu semua pemberangkatan jamaah ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Untuk kouta Jamaah Haji Masjid Nurul Jannah sebanyak 106 jamaah berangkat pada 11 dan 13 Juni 2022. Rinciannya. Kloter 12 berjumlah 58 jamaah. Sedangkan, kloter 16 berjumlah 48 jamaah. (yad)