DNA Insan Petrokimia Gresik Inovasi, 82 Persen Inovator, Ciptakan Nilai Tambah Rp 240 Miliar

GRESIK,1minute.id – Konvensi Inovasi Petrokimia Gresik (KIPG) ke-36 digelar GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik pada Rabu,15 Juni 2022. Ajang adu inovasi antarkompartemen di perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia serta anak usaha ini dikemas berbeda. Heboh. Dalam pengamatan wartawan  1minute.id  di lokasi konvensi Inovasi dikemas Ala Bajak Laut. Peserta konvensi memakai drescode ala pelaut dengan instalasi sebuah kapal yang siap berlayar ke samudra diletakkan di depan GOR dan panggung acara.

Direktur Utama (Dirut) Petrokimia Gresik (PG) Dwi Satriyo Annurogo mengatakan melalui gelaran KIPG akan mendorong semua unit usaha di bawah naungannya untuk terus berlomba-lomba memberikan yang terbaik. Tentunya melalui berbagai inovasi masing-masing.

“Tadi saya keliling mengunjungi stan masing-masing kompartemen, yang mana mereka telah menunjukkan inovasi-inovasi itu. Jadi kita berlomba-lomba di masing-masing unit untuk berinovasi pada akhirnya nanti Petrokimia Gresik akan menjawab tantangan dengan inovasi,”kata Dwi Satriyo kepada wartawan pada Rabu, 15 Juni 2022.

PANTAU GUDANG : Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo didampingi Direktur Operasi dan Produksi Digna Jatiningsih memantau gudang dan Produksi melalui aplikasi dalam KIPG di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik pada Rabu, 15 Juni 2022 ( Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Dwi Satriyo Annurogo didampingi Direktur Operasi dan Produksi Digna Jatiningsih, Direktur Keuangan dan Umum (DKU) Budi Wahju Soesilo dan Komisaris Utama T. Nugroho Purwanto melanjutkan, dengan inovasi tersebut yang akan mampu menjawab dari semua tantangan seperti sekarang ini. 

“Dan kita terus melakukan inovasi-inovasi seiring dengan tantangan kompetisi yang semakin ketat dan juga perubahan yang semakin cepat,”ujarnya. Hasil dari inovasi tersebut, imbuhnya, perusahaan bisa melakukan penghematan anggaran ratusan miliar. “Untuk penghematan yang didapatkan dari inovasi ini sekitar Rp236 miliar untuk perusahaan,”ujarnya. 

Selain penghematan anggaran, konvensi Inovasi ini, kata Dwi Satriyo Annurogo, mendorong anak muda insan Petrokimia Gresik berlomba melakukan inovasi. Ini terbukti tingkat partisipasi para inovator sangat baik yaitu sebesar 82 persen. Angka tersebut menunjukkan peningkatan 115 persen dari periode sebelumnya. “DNA PG Inovasi. Saya yakin dan percaya diri menghadapi tantangan. Karena 82 persen insan Petrokimia Gresik melakukan kegiatan Inovasi. Bisa melakukan penghematan sebesar Rp 240 miliar,”tegas Dwi Satriyo Annurogo. 

PESERTA KIPG: Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo didampingi Direktur Operasi dan Produksi Digna Jatiningsih mengunjungi salah satu stan KIPG ke-36 di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik pada Rabu, 15 Juni 2022 (Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Berdasarkan laporan panitia KIPG disebutkan  keikutsertaan warga Negeri Petrokimia Gresik dalam Perang Inovasi  ke-36 diikuti 16 Kompartemen Negeri Petrokimia Gresik dengan total gugus inovasi sebanyak 1.158 gugus, meningkat 114% dari periode sebelumnya. Gugus Inovasi Eksekutif (GIE) Tim Proper Emas; dan 9 Distrik Negeri Petrokimia Gresik Grup dengan total gugus sebanyak 24 gugus.

Sedangkan, Tingkat partisipasi para inovator sangat baik, yaitu sebesar 82 % yang meningkat pesat 115% dari periode sebelumnya. Periode perang inovasi  2021/2022, menghasilkan total value creation sebesar Rp 240,68 milyar. Rincianya, Direct Financial Benefit sebesar Rp 66,19 M ; Indirect Financial Benefit sebesar Rp 130,46 M ; Transfer of Benefit sebesar Rp 38,03 M ; dan Intangible Impact Value sebesar Rp 6 M. (yad)