Donasi Siswa dan Guru SD MUGEB Wujudkan Mimpi Aam, Pelukis Difabel Memiliki Motor Matik

GRESIK,1minute.id – Mimpi Muhammad Amanatullah memiliki sepeda motor menjadi kenyataan. Penyerahan simbolis motor hasil donasi siswa dan guru dilakukan di event Mugeb Achievement di Hall GressMall  pada Sabtu,16 Juli 2022. 

Ajang penghargaan siswa prestasi di SD Muhammadiyah 1 GKB (SD MUGEB) terasa lebih spesial. Aam, begitu biasa disapa, berulangkali mengucapkan rasa syukurnya. Kegiatan itu dihadiri seluruh siswa serta wali siswa kelas I sampai VI SD MUGEB tahun ajaran 2022/2023.  Aam, sapaan akrab, pelukis difabel mendapatkan undangan khusus dari sekolah berlokasi di Jalan Belitung, Kompleks Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) itu. 

Sekolah yang dipimpin oleh M. Nor Qomari itu telah menyiapkan motor matik yang telah dimodifikasi khusus untuk Aam. Nur Qomari yang menyerahkan secara simbolis kunci motor itu kepada Aam. Aam pun terlihat semringah. Ia tersenyum senang karena bisa memiliki motor matik. Suasana pun menjadi haru.

Nur Qomari menceritakan pihaknya berusaha mewujudkan mimpi Aam bermula dari program Fun and Happy With Kak Aam yang digelar SD MUGEB selama dua hari, 15-16 Juni 2022. Kegiatan di sela classmeting itu berlangsung seru. Mulai pagi hingga sore, Aam yang alumnus Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) itu mengajari siswa melukis. 

Namun, terang Ari-panggilan-Nur Qomari, Aam tidak sekadar memberikan materi belajar  menggambar dan melukis. Aam yang dinobatkan sebagai The Best Motivator pada Yudisium ke-40 UMG 2022 ini menyelinginya dengan memberikan cerita menginspirasi kepada siswa SD MUGEB. Aam menceritakan tentang dirinya yang sejak lahir dalam kondisi fisik kurang sempurna. Tetapi, tetap bisa berprestasi. Aam mengaku pernah tampil di sejumlah program di televisi. Antara lain, Kick Andy, serta Hitam dan Putih.

“Sekarang Saya anggota AMFPA (Association of Mouth and Foot Painting Artist) bermarkas di Swiss,”kata Ari menirukan cerita Aam membuat siswa terkagum. Keren!. Aam, satu-satunya pelukis asal Gresik yang tergabung di AMFPA itu. Proses belajar melukis pun terasa lebih menyenangkan. 

Pada kesempatan itu, Aam yang pelukis menggunakan kaki juga memamerkan sejumlah karyanya. Ada lima karya Aam yang laku dalam pameran itu. Total senilai Rp 10 juta. Namun, untuk mewujudkan mimpinya memiliki motor mesin masih jauh panggang dari api. 

Pihak sekolah kemudian menggugas melakukan donasi untuk mewujudkan mimpi Aam. Selama Juni 2022 terkumpul donasi siswa dan guru Rp 13,5 juta dan donasi tranfer Rp 2,1 juta. “Sehingga total donasi yang terkumpul Rp 15,6 juta,”kata Ari pada Sabtu,16 Juli 2022. Uang hasil donasi itu digunakan untuk mewujudkan mimpi Aam.

“Tadi pagi dalam Mugeb Achievement, secara simbolis kunci motor kami serahkan kepada ustad Aam,”kata Ari. Sebutan Ustad disematkan, lanjutnya, karena tahun ajaran baru, sekolah merekrut Aam sebagai guru ekstrakuliner menggambar dan melukis. 

Terpisah, Aam mengaku sangat senang bisa memiliki motor. “Alhamdulillah keturutan duwe (punya) sepeda roda tiga setelah sekian lama hanya janji-janji dari sana-sana,”katanya.  “Terima kasih SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik yang sudah mewujudkan mimpi saya untuk memiliki sepeda roda tiga mesin,”imbuhnya. (yad)