Naik Motor Modifikasi, Aam :  Nyaman Serasa Naik Alphard 

GRESIK,1minute.id – Mimpi Muhammad Amanatullah memiliki sepeda motor menjadi kenyataan. Butuh waktu panjang bagi Aam, panggilan pelukis menggunakan kaki itu. “Alhamdulillah keturutan duwe (punya) sepeda roda tiga setelah sekian lama hanya janji-janji dari sana-sana,”katanya kepada 1minute.id pada Sabtu,16 Juli 2022.

Aam mengaku telah melakukan test drive motor barunya itu. “Koyok numpak Alphard. Mesin mantap. Langsung greng,”ujarnya sambil tersenyum. Raut muka Aam memancarkan rasa kebahagiaan itu. Aam mengaku sudah puluhan tahun mimpi bisa memiliki motor roda tiga. Kondisi ekonomi keluarga membuat Aam harus menunda mewujudkan mimpinya itu.

Sebelumnya, aktivitas Aam yang alumnus.Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) itu menggunakan sepeda onthel dengan tiga roda. Onthel itu digerakkan dengan kakinya. Bukan diengkol. Tapi didorong salah satu kakinya. Onthel itu karya orang tuanya. 

“Pingin duwe motor wis suwe. Puluhan tahun mas! Alhamdulillah, akhirnya bisa terwujudkan,”katanya. Aam adalah pelukis menggunakan kaki. Sejak lahir pemuda dinobatkan sebagai The Best Motivator pada Yudisium ke-40 UMG pada 2022 bertubuh pendek. Kedua kaki dan tangannya pendek. Namun, alumnus SMP Negeri 4 Gresik itu, memiliki semangat luar biasa. Keterbatasan fisik tidak membuat patah semangat. 

ONTHEL AAM : Kepala SD MUGEB Moh Nor Qomari bersama Muhammad Amanatullah, pelukis difabel pada Sabtu, 16 Juli 2022. Selama ini onthel roda tiga menemani aktivitasnya, ngajar ngaji di TPQ, kuliah , serta aktivitas lainnya (Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Di kampungnya di Jalan R A.Kartini, Gresik , Aam mengajar ngaji untuk anak-anak sekolah dasar. Aam yang alumnus SMA Semen Gresik itu juga kerap mendapatkan undangan untuk menjadi motivator. Ia yang jago melukis dengan kaki itu pernah tampil di program televisi. Seperti Kick Andy serta Hitam dan Putih. 

Meski, kunci motor sudah dikantongi. Akan tetapi, Aam belum memakainya. Sebab, Aam mengaku belum memiliki surat izin mengemudi (SIM). “Senin (Lusa) Saya ngurus SIM,”ujarnya bersemangat.  Motor matik yang dimodifikasi menjadi roda tiga itu hasil donasi siswa dan guru SD Muhammadiyah 1 GKB (MUGEB). Sebelum diserahkan kepada Aam, pihak sekolah telah melakukan modifikasi dengan disesuaikan anatomi tubuh Aam. 

“Modifikasinya, kami mengajak Aam,”kata Kepala SD MUGEB Gresik M Nor Qomari pada Sabtu, 16 Juli 2022.  Aam terlahir pendek. Ia memiliki kaki dan tangan pendek. Aktivitas Aam tertumpuh pada kakinya. Modifikasi meliputi tuas gas, rem, tombol starter, tombol lampu sein, dan tombol bel seluruhnya berada di bawah. Semuanya dalam jangkauan kaki Aam. 

Selain itu, modifikasi dilakukan di bagian jok motor. Tujuannya, agar tubuhnya tak terlalu maju dan langsung menempel pada bagian steering, ada pula kerangka penyangga elastis yang dilapisi karet. Dengan begitu, badan Aam tetap nyaman saat melewati jalan bergelombang atau polisi tidur. “Butuh waktu 14 hari untuk memodifikasinya,”jelas Ari. (yad)