Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Dimulai, Bupati Gresik Bagikan kepada Emak-emak

GRESIK,1minute.id – Antusiasme masyarakat untuk merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia mulai di Kabupaten Gresik. Masyarakat mulai memasang umbul-umbul, lampu hias hingga mengibarkan bendera Merah Putih di setiap rumah. 

Kemeriahan peringatan Hari Kemerdekaan RI pasca Pandemi Covid-19 ini bakal semakin semarak menjelang detik-detik Kemerdekaan pada 17 Agustus 2022 nanti. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik turun tangan membagikan 17 ribu bendera Merah Putih kepada masyarakat secara gratis. Pembagian identitas, simbol dan alat pemersatu masyarakat itu dibagikan langsung oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani pada Jumat, 5 Agustus 2022. 

Sebanyak 150 bendera dengan ukuran 80 cm x 120 cm itu dibagikan kepada emak-emak yang menghadiri Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 di Gelanggang Olahraga (GOR) Onggojoyo. GOR berlokasi di Desa ManyarSidomukti, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur itu riuh. “Benderanya langsung dipasang di depan rumah ya,”kata Bupati Fandi Akhmad Yani. Dalam hitungan menit, ratusan bendera Merah Putih itu pun ludes. 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Gresik Nanang Setiawan mengatakan, pembagian bendera Merah Putih adalah bagian dari Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang dicanangkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Pemkab Gresik mengalokasikan 17 ribu bendera Merah Putih untuk masyarakat,”kata Nanang Setiawan pada Jumat, 5 Agustus 2022. 

BENDERA MERAH PUTIH: Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani membagikan bendera Merah Putih kepada emak-emak di BIAN 2022 di GOR Onggojoyo di Desa ManyarSidomukti, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik pada Jumat, 5 Agustus 2022 (Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Pembagian bendera akan dilakukan secara masif kepada masyarakat Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. “Nanti sore, kami akan membagikan 100 bendera lagi ke Desa Ngargosari (Kecamatan Kebomas,Red),”kata mantan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Gresik itu. 

Ia melanjutkan, pembagian bendera Merah Putih bertujuan untuk menggugah rasa cinta Tanah Air dan meningkatkan semangat nasionalisme. “Nantinya, ribuan bendera lainnya akan dibagikan melalui Kecamatan,”tegas Nanang yang mantan Kepala Dinas Pertahanan Gresik itu. (yad)