Bus Trans Jatim Mengaspal di Surabaya Raya, Jarak 74 KM, Waktu Tempuh 2 Jam 10 Menit

GRESIK,1minute.id – Moda transportasi masal, Trans Jatim mulai mengaspal di Jalan Raya pada Jumat, 19 Agustus 2022. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang melaunching moda darat itu di terminal Porong, Sidoarjo. Launching dihadiri 3 kepala daerah yakni Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor Ali.

“Beroperasi bus Trans Jatim akan mengurai kemacetan, mengurangi angka kecelakaan lalu lintas serta mengurangi emisi buang di wilayah aglomerasi Surabaya, Gresik dan Sidoarjo ,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya. 

“Hari ini sudah kita mulai koneksitas transportasi publik di wilayah aglomerasi Surabaya raya yang akan menjadi kekuatan pertumbuhan ekonomi Ring 1 di Jawa Timur termasuk Pasuruan dan Mojokerto yang nanti akan kita lanjutkan koridor 2 dan 3 di tahun 2023 kemudian  koridor 4 pada tahun berikutnya,”sambung mantan Menteri Sosial itu.

Tahun ini, jelasnya, ujicoba koridor 1 Sidoarjo – Surabaya – Gresik. Pada 2023 akan tambah koridor 2 dari Mojokerto – Surabaya dan Koridor 3 Mojokerto – Pasuruan kemudian koridor IV wilayah Malang Raya pada 2024.

Sementara itu, Direktur Angkutan jalan Kementrian Perhubungan Suharto mengaku  bangga bisa menyaksikan langsung  operasional Bus Trans Jatim itu. “Saya berdiri disini sebagai saksi atas tingginya komitmen Gubernur Jatim, Pemprov Jatim dalam memperkuat dan mondorong angkutan umum di berbagai kota,”katanya.

“Dengan adanya peluncuran Trans Jatim menjadi bukti komitmen Pemprov Jatim. Karena masih banyak para kepala daerah diluar sana belum memahami akan kebutuhan masyarakat akan angkutan umum,”ungkapnya.

Sesuai UU 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) bahwa pemerintah wajib menyediakan layanan angkutan umum yang selamat, aman nyaman, dan terjangkau seperti yang sudah dirangkum oleh Transjatim ini.

“Pelayanan yang terintegrasi dengan angkutan masal lainnya ini sekaligus akan memanjakan kepada masyarakatnya menunjukan bahwa pemerintah hadir ditengah masyarakat dalam hal pelayanan transportasi,”pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim Nyono menyampaikan maksud dan tujuan penyelenggaraan ini adalah mewujudkan Nawa Bhakti Satya Gubernur Jawa Timur yaitu Jatim Akses dan meningkatkan angkutan masal di wilayah aglomerasi Sidoarjo, Surabaya dan Gresik untuk mengurangi kemacetan, menurunkan emisi gas buang dan angka kecelakaan.

Dijelaskan Nyono, Bus Trans Jatim diberikan nama Raden Wijaya dengan singkatan ramah aman dinamis ekonomis dan nyaman wujud inovasi Jatim Berkarya difasilitasi dengan CCTV untuk penumpang juga dapat memonitor pengemudi Bus Trans Jatim yang ngantuk maupun ugal-ugalan.

Nyono menyebut jumlah armada yang beroperasional sebanyak 20 bus dan 2 Bus cadangan cadangan. Total 22 unit bus. Bus medium dengan High Deck diharapkan tidak menambah kemacetan jalan raya dapat mengambil penumpang di setiap halte.

Halte tersebut dimulai dari terminal Porong – terminal Larangan kemudian masuk tol Sidoarjo- terminal Bungurasih masuk tol turun Exit tol Romokalisari dan berakhir d terminal Bunder, Gresik  

Jumlah halte sebanyak 32 titik. Rincianya, 15 unit. Rincianya, 17 bus dari Sidoarjo menuju Gresik dan 15 unit bus melayani Gresik-Sidoarjo. Jarak total 74 kilometer. Jam operasional  mulai pukul. 05.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 10 menit.

Selain itu Bus Transjatim juga difasilitasi dengan Pramugara dan Pramugari tujuannya untuk mempermudah penumpang yang belum faham dan familier pembayaran menggunakan cashles dan e money ataupun barkot Qris serta pemesanan tiket dapat dilakukan melalui Aplikasi TransJatim Ajaib.

Aplikasi TransJatim Ajaib dilengkapi fitur terdiri dari pembelian tiket secara elektronik, Info Semua Bus Koridor Bus, Info Rute dan dapat melihat posisi bus dengan jarak calon penumpang dengan tarif Rp. 2.500 untuk pelajar dan santri sedangkan Rp. 5. 000 untuk penumpang umum dan selama seminggu kedepan hingga akhir Agustus Bus TransJatim di Gratiskan. (yad)

Tentang Bus Trans Jatim 

Jumlah Armada : 22 unit

Jurusan : Sidoarjo, Surabaya dan Gresik 

Jarak tempuh : 74 km

Waktu tempuh : 2 jam, 10 menit 

Jumlah Halte  : 32 titik (17 unit di Sidoarjo dan 15 unit di Gresik)

Jam operasional : Pukul. 05.00 WIB – 21.00 WIB 

HTM   :  Pelajar  Rp 2.500  ; Unum Rp 5.000

(data diolah 1minute.id)